waktu yG baiK untuK berjemUR

Jika memang pemanasan global disebabkan oleh bertambahnya gas-gas rumah kaca (terutama CO2) maka seharusnya waktu yang baik untuk berjemur tidak berubah.

Idenya begini:
Waktu berjemur paling sehat itu khan sekitar pagi hari. Alasannya karena saat Matahari berada dekat horizon, atmosfer Bumi yang harus dilewati sinar Matahari sampai ke permukaan Bumi jadi lebih tebal. Artinya jumlah sinar ultraviolet (berbahaya bagi jaringan kulit manusia) yang terhambur jadi lebih banyak. Ketika sore, jumlah sinar ultraviolet yang terhambur sama banyaknya dengan pagi hari tapi panas dari permukaan Bumi membuat suhu udara jadi tidak nyaman lagi untuk berjemur. Berjemur di pagi hari emang lebih aman dan lebih segar.

Nah, CO2 yang semakin banyak tidak akan mempengaruhi jumlah sinar ultraviolet yang terhambur karena CO2 lebih banyak memerangkap sinar inframerah (jadinya udara makin panas), bukan ultraviolet.

Global warming adalah peningkatan suhu bumi, yang disebabkan oleh faktor-faktor perubah struktur kimia sehingga radiasi infrared yang dipantulkan matahari (albedo) terjebak. Sedangkan pancaran sinar matahari (sollar irradiance) tidak memberikan dampak yang begitu besar dalam global warming ini.

So, sepertinya waktu terbaik untuk berjemur tidak berubah tuh (jam berapa, ya? :D ).

1 komeN: