QS. 17:38

QS. Al-Israa : 38.  

Semua itu[*] kejahatannya amat dibenci di sisi 

Tuhanmu.

[*]  Maksudnya: semua larangan yang tersebut pada ayat-ayat: 22, 23, 26, 29, 31, 32, 33, 34, 36, dan 37 surat ini.

22.  Janganlah kamu adakan Tuhan yang lain di samping Allah, agar kamu tidak menjadi tercela dan tidak ditinggalkan (Allah).

23.  Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia[850].

26.  Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

29.  Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya[852] Karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal.

31.  Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu Karena takut kemiskinan. kamilah yang akan memberi rezki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.

32.  Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.

33.  Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar[853]. dan barangsiapa dibunuh secara zalim, Maka Sesungguhnya kami Telah memberi kekuasaan[854] kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan.

34.  Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji; Sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.

36.  Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

37.  Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi Ini dengan sombong, Karena Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.

[850]  mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.
[851]  Maksudnya: apabila kamu tidak dapat melaksanakan perintah Allah seperti yang tersebut dalam ayat 26, Maka Katakanlah kepada mereka perkataan yang baik agar mereka tidak kecewa lantaran mereka belum mendapat bantuan dari kamu. dalam pada itu kamu berusaha untuk mendapat rezki (rahmat) dari Tuhanmu, sehingga kamu dapat memberikan kepada mereka hak-hak mereka.
[852]  Maksudnya: jangan kamu terlalu kikir, dan jangan pula terlalu Pemurah.
[853]  maksudnya yang dibenarkan oleh syara' seperti qishash membunuh orang murtad, rajam dan sebagainya.
[854]  Maksudnya: kekuasaan di sini ialah hal ahli waris yang terbunuh atau Penguasa untuk menuntut kisas atau menerima diat. Qishaash ialah mengambil pembalasan yang sama. qishaash itu tidak dilakukan, bila yang membunuh mendapat kema'afan dari ahli waris yang terbunuh yaitu dengan membayar diat (ganti rugi) yang wajar. pembayaran diat diminta dengan baik, umpamanya dengan tidak mendesak yang membunuh, dan yang membunuh hendaklah membayarnya dengan baik, umpamanya tidak menangguh-nangguhkannya. bila ahli waris si korban sesudah Tuhan menjelaskan hukum-hukum ini, membunuh yang bukan si pembunuh, atau membunuh si pembunuh setelah menerima diat, Maka terhadapnya di dunia diambil qishaash dan di akhirat dia mendapat siksa yang pedih. Diat ialah pembayaran sejumlah harta Karena sesuatu tindak pidana terhadap sesuatu jiwa atau anggota badan.

Akhir dari asa

Namaku Tegar. Hmm,, sepertinya aku akan mengalami banyak hal baru disini. Lingkungan baru, sekolah baru. Bandung. SMA Negeri 2 Bandung pilihanku & aku berhasil diterima disini.

Wah, agenda MPLS hari ini pengenalan ekskul. Hmm,, aku ikut ekskul apa ya? Sepertinya banyak yg menarik.
"Sukses dunia, sukses akhirat, insya ALLAH, ALLAHU AKBAR!"
Wah, keren juga tuh jargonnya. "Eh, ini tadi ekskul apaan sih?" aku bertanya pada seorang di sebelahku. "DKM." DKM?? Ekskul apaan tuh? Tadi cewe"nya pd berkerudung gitu. Hm,, ekskulnya org" shaleh kali ya.
Hah, mana pantas aku bergabung dg mereka.

[Di dalam kelas, pelajaran agama]
"Nah, jadi Ibu sarankan kalian bisa ikut ekskul DKM. Disana kalian bisa lebih mengenal islam. Buat kalian2 yg ingin lebih memahami islam, kalian bisa ikut ekskul ini. Perempuan2 yg belum berkerudung juga boleh ikut kok."
Wah, itu kan ekskul yg heboh & keren jargonnya waktu pengenalan ekskul. Hmm,, sepertinya aku mulai tertarik untuk ikut serta ekskul itu. Boleh dicoba tuh.

Wah, bingung jg aku setelah masuk komunitas ini. Banyak istilah" yg masih asing di telingaku. Ada yg namanya mentoring lah. Baru denger istilah itu. Yaa,, gpp deh. Keliatannya asik jg kok.
Weits, baru tahu aku kalo pacaran be4 nikah itu dosa. G' cuman pacaran malah. Hubungan ikh1 akhwat (istilah untuk laki" & perempuan) pun kudu dijaga bgt. G' boleh asal gaul. Nyentuh yg bukan muhrim jg dosa. Subhanallah,,

Gilee.. Bahasan mentoringnya mulai makin berat nih. Tapi asik bgt. Aku jadi banyak tahu hal" yg dulunya sangat awam buatku. & kegiatan DKM ternyata g' cuman ngaji, shalat, mentoring, & semacamnya. Kita sering jalan" (istilahnya rihlah), cowok"nya juga suka main gitar. Bikin suasana gak boring deh. Lama" aku mulai nyaman dg komunitas ini.

Ya ALLAH,, apa yg aku rasakan. Akhwat itu menawan sekali. Sopan & santun. Pakaiannya rapi, g' ngetat, kerudungnya pun syar'i. Tapi tetap menarik. Mungkin justru karena itu kali ya. Jadi auranya beda aja gitu. Adem aja ngeliatnya. Astaghfirullahal'adzim...
Ya ALLAH,, bergabung di DKM bener" mengubah hidupku. Dulu aku berpikir Bandung akan membuatku menjadi remaja gaul yg hobi ke mall, ngecengin cewek, punya pacar. Tapi, ternyata kenyataannya berbeda. Tapi sepertinya ini semua harus aku syukuri. Engkau masih melindungiku. Makasih Ya Rabb.

Tapi, sekarang aku jatuh cinta dg sesama anak rohis. Huft! Berat juga ternyata menghadapi perasaan seperti ini. Dia shalehah bgt. Aku jadi makin sulit buat ngelupain dy. Hmm,, mungkin inilah saatnya aku diuji, apakah aku bisa tetap dalam pendirianku atau tidak. Aku sudah berkomitmen. Sebagai lelaki yg tangguh, aku akan memegang komitmenku itu. Bismillah,, Aku harus menjaga hati, juga pandangan.

Ya Rabb,, sepertinya aku makin tertarik padanya. Mungkinkah dia adalah bidadari yg kau utus untukku? Gini nih pikirannya anak rohis. Udah gak mikirin pacaran lagi, tapi lgsg mikirin nikah. Hehee,, Tapi justru itu bagus teman, krn nikah kan sunnah Rasul. Justru klo pacaran ga ada tuntunannya.

Wah, bentar lagi UN nih, terus SNMPTN. Widiihh,, harus siap tempur! Bismillah..

Alhamdulillah,, UN lulus dg hasil yg lumayan. Baru kali ini aku puas dapet nilai walaupun gak gede. Hmm,, mungkin karena nilai yg murni hasil jerih payah sendiri kali ya. Dulu kan aku sering mencontek. Hehe,, Alhamdulillah disadarkan,,

Eh, si Ami (nama akhwat yg aku keceng) mau lanjut kemana, ya? Hmm,, cari tahu ah.

Wah, ternyata dia mau masuk Psikologi UNPAD. Wah, aku sendiri pengen masuk ITB nih. Waduh,, mana UNPAD jauh bgt lagi. Astaghfirullah,, Harusnya aku gak kyk gini. Toh, klo emg dia yg terbaik buatku gak bakal kemana, nanti juga bakal dipertemukan lagi. Hmm,, nyantai aja, bro.

Alhamdulillah,, ITB gak nolak lamaranku nih, hehe.. Alhamdulillah juga, si Ami diterima ma Psikologi UNPAD. Ikut seneng, deh.
Ya ALLAH, aku gak tahu kenapa bisa kyk gini. Tapi aku sepertinya bener" udah jatuh cinta ma Ami. Smg saja dia a/ yg terbaik untukku. Pertemukanlah aku kembali dengannya Ya Rabb. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin.

Hmm,, ITB. Akhirnya kita bertemu. Gila deh. Aktivitas disini padet bgt. Cape bgt deh. Satu hal plg penting juga nih, harus selalu ingat dakwah! Kuliah lancar, dakwah tetep jalan. Hohoo,, Ciri" mahasiswa sukses bgt tuh! Smg aja aku bisa seperti itu. Aamiin..

Eh, ngomong2, kabar Ami di UNPAD gmn, ya?
Hmm,, mungkin dia juga lagi sibuk. Jadi kangen nih. Ya ALLAH mudah"an aja bisa dipertemukan lagi ma dia. Aku berniat pengen nikahin dia nih klo emg dah tiba saat yg tepat. Hehe,,

Hmm,, Di ITB sebenernya banyak juga sih akhwat" yg gak kalah cantik & menarik kayak Ami. Tapi ntah mengapa, aku msh gak bisa ngelupain Ami. Dia spt punya nilai lebih tersendiri dibanding yg lain. Lagian kan aku juga udah kenal cukup lama sama Ami. Walau kini jauh dari dia, tapi aku msh mengharapkannya. :D

[Beberapa tahun kemudian]
Wah, sepertinya aku udah siap nikah, nih. Aku udah punya penghasilan sendiri walau masih mahasiswa. Lumayan lah. Habis lulus ngelamar ah. Ami, tunggu aku ya. ;D

Duh, capek nih. Pengen refreshing ah. Hm,, nonton kayaknya asik juga. Ah, tapi temen" ga ada yg bisa diajak nonton bareng, nih. Huh! Yaudah deh, sendiri juga gpp.

[Di kampus]
"Eh, Gar, kamu kenapa? Gmn kmrn nontonnya? Rame gak? Tapi wajah kamu cemberut gitu. Emg filmnya gak rame ya? Atau krn ga da yg nemenin jadi kurang feel?"
"Gar, jawab donk. Lo kira gue kambing congek."
"Segala sesuatunya bisa terjadi, Im. Bahkan mungkin di luar yg kamu sangka2. Ya, kan?!"
"He?? Naha ujug2 maneh nyarios kitu? Ya iyalah, bro. Kita harus selalu ingat klo ALLAH Maha Berkehendak. Jadi ya bisa aja yang Dia kehendaki gk seperti yg kita inginkan/bayangkan."
"Ya itu, Im. Kampus pun bisa mengubah sifat, perilaku, karakter seseorang. Gue yg dulunya brutal bisa berubah jadi anak rohis gini. Begitupun sebaliknya, bisa aja terjadi, kan."
"Ia bro. Makanya kita harus pinter2 jaga diri. Btw, emg knp sih, Gar, tiba2 ngomong kyk gini?"
...............................
"Bidadariku gak akan bikin aku kecewa."
...............................
"Hah?? Lo yakin, bro?? Sabar, bro. ALLAH punya rencana yg lebih indah pada waktunya."
"Thx, bro. Qmu memang  sahabat terbaikku."  :')


_____the end_____

Apa yang sebenarnya terjadi?
Ternyata, ketika di mall (untuk nonton), Tegar melihat Ami disana. Tapi dia kaget bgt. Ternyata Ami udah gak spt Ami yg dia kenal dulu. Ami sudah tidak menutup aurat lagi. Bahkan, dia terlihat bermesraan dg seorg lelaki. Nah, si Baim ini sahabat terdekatnya si Tegar, temen SMAnya juga. Dia tahu bgt syp Tegar & juga kehidupannya. Makanya dia langsung 'ngeh', ngerti maksud Tegar walau hanya dijelasin secara abstrak.

Tegar, betapa besar kepercayaannya pada Ami, bahwa Ami bisa menjaga dirinya hingga di lingkungan kampus. Tapi perubahan Ami yang demikian drastis membuat Tegar ragu jika Ami a/ bidadari yang diutus untuknya.

Ami, andai dia tahu bahwa dia hampir mendapatkan seorang ikh1 shaleh yg insya ALLAH tulus mencintainya.

"...wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)." (QS An Nur:26)

Tegar sudah benar dalam menghadapi masalah hati yang ia alami. Tapi ternyata ALLAH memiliki rencana lain untuknya.

Teman" pasti udah ngerti sendiri maksud cerita ini. Jadi sy juga gmw menjelaskan dg detail. Tarik sendiri kesimpulannya, ya. ;)
Untuk kritik dan saran silahkan disampaikan.
(ex. Kritik: ceritanya jgn sad bgt kyk gini donk. n_nV)

Klo dari sy sendiri sebagai penulis, intinya yg mau disampaikan adalah pada poin terakhir cerita ini, bahwa segala sesuatu bisa terjadi, bahkan bisa di luar dugaan kita. Oleh karena itu kita harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. Kita harus sadar bahwa ada yg memegang andil besar untuk setiap hal yang kita alami, yaitu ALLAH.

Wan & Ta

Wan: Ta, shalatnya tepat waktu trs. Pdhl kan wktu shlat ckp lama.

Ta: Hmm,, g jg c, Wan. Sy msh kdg” g’ tepat waktu kok. Tingkat keimanan sy msh jauh. Masa’ ALLAH dkalahin ma ksibukan dunia? Ya klo bisa diusahain tepat waktu knp ngga.

Wan: Hmm,, ia juga sih.

Ta: Apalagi bwt ikh1, baiknya lg shlat brjama’ah di masjid, Wan.

Wan: Ia sih, Ta, tapi klo sy sendiri agak males, Ta. Hehe,,

Ta: Ya biasain dong, Wan, dikit”. ;)

Wan: Hehe,, doain ya, Ta.

Ta: Insya ALLAH, sambil diusahain ya, Wan.

Wan: Sip. Insya ALLAH. Ta, pakaiannya tertutup bgt, emg g’ gerah?

Ta: Api neraka jauh lebih panas, Wan.

Wan: Subhanallah. Pasti byk yg naksir ma kamu ya. Pacar kamu syp?

Ta: Ha? Pacar? Punya suami aja blm.

Wan: He?? Apa hubungannya?

Ta: Ya iyalah, Wan. Pacaran sblm nikah kan dosa. Klo gitu pacaran setelah nikah ma syp lg klo bkn ma suami donk.

Wan: Hmm,, Kok gtu sih, Ta. Emg apa slahnya pcrn sblm nikah? Kan qta bsa mngenal dlu cewe” dan akhirnya mmilih yg pas bwt qta. Hehe,,

Ta: Bukan gtu cranya, Wan. Qta bsa brteman dlu aja ma smua org. Ntar lama” jg qta bsa tau sfatnya kan. Trs kamu tntuin, mana yg sptnya cocok bwt qmu. Kan kasian jg Wan pcrannya blm tntu brlanjut ke pelaminan.

Wan: Yaa,, gpp lah Ta. Aplgi klo msalnya bisa saling ngingetin satu sama lain, misalnya ngingetin shalat.

Ta: Emg udah g’ ada ikh1 lain yg bisa ngingetin, Wan?

Wan: Ya ada sih. Tapi kan jadi lebih trmotivasi klo ama pacar. Haha..

Ta: Beuh,, Klo gtu takutnya g’ ikhlas Wan. Qta jg kan kudu ngjaga hati, ya slh 1 caranya dg g’ pacaran. Yg g’ pacaran aja msh susah ngjaga hati, Wan.

Wan: Ia sih, Ta. Tapi ntah mengapa ada aja cobaannya, Ta.

Ta: Ya itulah yg harus dilawan, Wan. Kudu bisa nahan nafsu.

Wan: Tapi Ta, bisa aja kan klo misalnya qta berjanji untuk mempertahankan hubungan ini sampe nikah.

Ta: Emang kamu bisa menjamin, Wan? Klo qmu liat di infotainmet” aja byk yg suka putus-nyambung. G’ cuman pas pacaran, bahkan udah nikah jg byk yg cerai.

Wan: Wah, Ta. Ternyata qmu suka ntn gossip jg, ya. Haha.. tapi g’ semuanya jg loh, Ta. Ada juga yg bisa bertahan mpe betahun” lamanya.

Ta: Tetep aja, Wan. Selama masa pacarannya itu kemungkinan besar diisi oleh perbuatan” yg g’ seharusnya. "Dan janganlah kamu mendekati zina;sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (Al-Israa': 32) Sebenernya tujuannya apa sih? Takut kehilangan dy? Mkanya pgn ngbuking dluan gtu?

Wan: Hehe,, sebenernya ia sih, Ta.

Ta: Hmm.. Smw udah ada yg ngatur, Wan. Memang, selain itu kita jg hrs ikhtiar. Tapi kudu liat” jg waktunya. Klo emg kamu udah siap nikah, kamu tinggal memilih salah 1 dari permata” dunia ini, Wan.

Wan: Hmm,, bener juga sih, Ta. Yg pasti g’ mudah, Ta.

Ta: Ia Wan, emang. Tapi ketika kamu bisa berhasil menahan nafsu & terhindar dari dosa, qmu akan mendapatkan balasan yg lebih dari ALLAH.

Wan: Ia sih, Ta. Tapi klo misalnya qta bisa tetep menahan diri walau pacaran gmn, Ta?

Ta: Wan,, Wan,, kamu tuh keukeuh bgt ya. Gini sih, Wan. Intinya, itu tuh g’ dicontohin ma Rasul. Jadi ya balik lagi ke keimanan kita, Wan.

Wan: Subhanallah.

Ta: Kamu msh punya byk waktu, Wan. Msh byk cewe” yg akan kamu temui. Syp tau ada yg lebih memikat hatimu. Haghag. Klopun g’ ada, qmu tau kan kisah Ali & Fatimah?

Wan: Ia, Ta. Mereka keren bgt tuh, Ta. G’ mengungapkan isi hati, tapi ujung”nya disatukan ma ALLAH.

Ta: Krn ALLAH Maha Tahu isi hati kita, Wan. ALLAH tau apa yg kita inginkan & apa yg terbaik buat kita. =)

Wan: Subhanallah. Ia Ta, kamu bener.

Ta: Kamu pgnnya yg kyk gmn, Wan. Kamu minta aja ke ALLAH. Kamu pgn yg kyk c A, berdo’a ke ALLAH spy dy dijadikan milik qmu kelak klo itu yg terbaik.

Wa: Subhanallah. Do’a yg indah sekali. Makasih bgt, Ta. Kamu sudah membuka hati sy. (heum, ah)

Ta: Sama”, Wan. Qta kan sodara. Harus saling mengingatkan.

Wan: Ta, kira” sy bisa g’ ya dapet akhwat kyk kamu, Ta.

Ta: Sy juga g’ luput dari kesalahan, Wan. G’ ada yg g’ mgkn, Wan. What u’ll get, what u’ve done. “… wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” (QS An Nur:26) Klo kamu ign dpt yg baik, berusaha jadi ikh1 baik juga. Gitu, Wan.

Wan: Tapi sy pgnnya c itu, Ta.

Ta: He? Udah ada yg kamu taksir nih, Wan?

Wan: Eh, keceplosan. Ehehe,, Tapi dy jg blm tau, Ta.

Ta: Ywdh, do’ain aja, Wan. Spy qmu & dy diberi kemudahan untuk bisa menjadi shaleh. Klopun ternyata bkn dy jodoh kamu, yakin ada yg lbh baik, Wan. ;)

Wan: Hoho,, Ia, Ta, bener.

Ta: Ywdh nih, Wan. Qta kudu siap” bwt silaturahim ma kelg yg lain. Ntar qta dimarahin lg gara” lama.

Wan: Oke, Ta. Qmu memang sepupu yg baik hati, Ta. ;D

Ta: Kasih coklat, donk. :p

Wan: Huh! Ntar klo berhasil sy ksh, Ta. Makanya qmu bantu do’a jg. Hahaha..

Ta: Oke, tapi klo gitu coklatnya sekardus.

Wan: ==’’’

?: Waaaannn,,, Taaaa,,,, cepetaaaann..!!!

Wan&Ta: Ia mbaaaaaaaaaaaahhh..!!! (lari terbirit”)