Postingan

Menampilkan postingan dari 2011

Kenapa sy menyebut kalian anak kecil?

Hmm,, sebelumnya maaf klo terlalu frontal mengatakan ini, n_nV Mungkin emg bersifat subjektif. Tapi itulah pendapat sy. Sy cuman pengen mengingatkan bahwa kehidupan kampus yang akan (aamiin) atau telah kalian hadapi sebentar lagi sebenarnya bukanlah hal yg mudah. Kala itu tanggung jawab kalian akan semakin berat. Bukan hanya pada diri sendiri, orang tua, keluarga, tapi juga masyarakat Indonesia. Masa SMA merupakan langkah 'pemanasan'. Di SMA kita masih dimanja, di kampus harus bener" mandiri. Dunia kampus benar" keras kawan (cieh). Disini kalian akan diuji kesabaran, kemampuan, serta banyak hal lain, termasuk komitmen. Apa yg sudah terbayang oleh kalian mungkin baru sebagian kecil dari apa yg akan kalian rasakan nantinya. Buat yg di SMAnya masih tergantung sama guru, kalo gurunya ga enak pelajaran juga jadi ngeselin (pengalaman :P), di kuliah bener" harus bisa mandiri. Gimana lah caranya supaya tetep bisa ngerti mata kuliah di kampus. Bagi sy (sy kira org lain …

Alergi

Alergi bisa terjadi karena makanan, cuaca, dll. Memang biasanya dari protein laut, seperti udang, ikan. Namun bisa juga dari ayam, telur, makanan yang mengandung pengawet, pewarna. Atau bisa juga dari udara. Misalnya udara dingin terus jadi gatel2. Bisa juga dari sabun. Jadi, diperhatikan apa yang terjadi setelah kontak dari hal-hal tersebut. Misalnya setelah makan ayam kok gatel. Coba selama seminggu ga makan ayam. Setelah itu coba makan ayam lagi. Kalo ga gatel, berarti kemungkinan penyebabnya lain. 
Bisa juga karena daya tahan tubuh. Kalo daya tahan tubuhnya lagi turun, mudah bagi penyebab alergi itu untuk masuk. Obat ini hanya sebagai penghilang efek alergi, namun bukan pencegah penyebab alergi itu. Jadi, daya tahan tubuhnya harus dijaga. Misalnya waktu istirahat harus seimbang dengan aktivitas. Selain itu, makanan yang seimbang dan olahraga. Sayur dan buah itu harus karena sebagai antioksidan, penangkal penyebab alergi. Minum susunya dirutinkan. Minum susu yang mengandung banyak…

Lama tak bersua

Assalamu'alaikum.. ^^
Heu..... Kangeundnya dengan dunia blog..
Sudah lama sekali ga update blog..
Adakah yang rindu dengan postingan2 saya?? Haghaghag
Sbnrnya banyak banget postingan yang msh berupa draft nih..
Namun karena belum bisa menyempatkan untuk finishing & sunting, jadi msh ketunda2 gitchu..
Tunggu aja ya postingan2 selanjutnya.. :DD
Kritik & saran selalu kutunggu... n.n
Wassalamu'alaikum...

Ikhtiarnya gimana?

Ikhtiarnya gimana caranya?

Berdo'a ke ALLAH, minta yang terbaik. Kalo mau agak maksa mah doanya 'Ya ALLAH jadikanlah dia yang terbaik.'
Selalu, tiap sholat. Ikhtiarnya gimana?

Laki2 yang baik untuk perempuan yang baik. Jadilah ikhwan yang baik supaya dapat akhwat yang baik juga.
Ia Insya ALLAH. Cuma tetep aja ikhtiarnya harus ada yang lebih dikhususkan untuk itu. Tahap awalnya gimana?

Ya udah tahap awalnya itu. Banyak-banyak berdoa, kuliah yang bener, cari duit yang banyak. Semua itu juga merupakan bentuk ikhtiar untuk bisa nikah. Kalo punya duit banyak ingat sedekah. Saat bersedekah bisa disisipi do'a berupa harapan yang ingin dicapai.
Cuma kalo ada orang lain yang ngajak dia nikah duluan gimana?

Ya itu takdir. Instropeksi diri. Makanya berdoanya dengan penuh harap dan keyakinan ALLAH akan mengabulkannya.
Ya bisa diikhtiarkan atuh supaya takdirnya ga kayak gitu. Kamu juga bantu do'a atuh.

Ya itu. Kamu pinter geuning. Do'a yang penuh harap & keyakinan ALLAH …

Mengapa saya Islam??

Jawaban pertama tentu saja: Karena orang tua saya Islam. Dan hal ini merupakan hal yg sangat sy syukuri kawan karena sy dilahirkan sebagai seorang muslim, seorang manusia beragama Islam, satu2nya agama yg diridlai ALLAH SWT. Mungkin awalnya sy masih nerimo2 aja beragama Islam. Namun semakin berlalunya waktu sy mempelajari banyak ilmu dan 1 kesimpulan yg saya peroleh adalah: 'Islam adalah agama yg benar!'
Al-Qur'an, kitab suci orang Islam memiliki banyak keajaiban kawan. Dan ini membuktikan bahwa Al-Qur'an adalah haq dan ALLAH adalah Tuhan semesta alam.
Teman2 pasti sudah pernah/sering mendengar/membaca ayat dalam Al-Qur'an yang mengatakan bahwa cobalah kamu buat ayat yang seperti Al-Qur'an, maka kamu dan kawan2mu itu takkan pernah mampu. Lihatlah, ini menunjukkan bahwa Al-Qur'an bukan buatan manusia, kawan. Ya, Al-Qur'an adalah buatan ALLAH Azza wa Jalla. Jika kita membaca tafsir Al-Qur'an, maka kita tidak akan menemukan pertentangan di dalamnya.

Lihatla…

Resume, kesan-kesan Materi MSI IV

Pertemuan Pertama 10 April 2011 Bertempat di GSG Salman
Materi ttg Akidah dan Pemikiran dibawakan oleh Ust. Nashruddin Syarief Materi ini membahas tentang 'Mengapa Islam?' Dan jawabannya adalah:
1. Islam murni buatan ALLAH Kita tidak hanya beriman, tapi juga harus berilmu, karena org yg takut pada ALLAH harus berdasar ilmu. Dalam QS.Fatir disebutkan bahwa yg takut pada ALLAH adalah ulama. Agama yg benar adalah agama yg berasal dari Sang Pencipta (ALLAH). Agama yg salah adalah agama buatan manusia.
Bukti Islam murini buatan ALLAH: *Dari segi konsep ketuhanan Wahyu/samawi-> Allah menurunkan secara langsung siapa diriNYA, konsepnya final, tidak ada perubahan. Nama 'Islam' sendiri datangnya dari ALLAH lo.
2. Islam dipandu wahyu Islam adalah agama para nabi, jejak sejarahnya sampai pada manusia pertama (Adam as.). Islam tidak pernah berhenti dipandu wahyu ilahi yg sampai melalui para Nabi, dan wahyu yg dibawa Nabi Sallallahu 'alaihi wassalam terjaga otentisitasnya (Al Qur'an). S…

Tugas Pertama MSI IV

1. bagaimanakah konsep iman menurut anda (apakah sebuah doktrin atau yang bisa digugat dengan logika)
Jawab: Rasa berTuhan itu adalah fitrah. Seorang manusia normal akan merasa bahwa dirinya memiliki Tuhan. Keyakinan ini timbul dari hati. Iman itu bukan merupakan doktrin. Seseorang dapat menggunakan akalnya untuk semakin menguatkan imannya. Seseorang dapat menggunakan akalnya untuk menentukan apakah yg ia yakini adalah benar/salah. Namun begitu akal manusia pun ada batasnya. Ada hal-hal tertentu yang tidak dapat ditalar dengan akal. Hal ini menunjukkan bahwa manusia memiliki keterbatasan dan ada yg Maha Mengetahui segalanya, yaitu Allah Subhanahu wa ta'ala..
2. untuk apa manusia diciptakan?

Jawab: Manusia diciptakan untuk beribadah semata-mata hanya kepada ALLAH SWT dan menjadi khalifah di Bumi. Manusia diamanahi menjadi penguasa Bumi, tentu saja dengan cara merawat Bumi ini, menjaga kelestariannya dan tidak membuat kerusakan di Bumi. Manusia yg membuat kerusakan di Bumi berarti dia …

Tak sesuai harapan??

Semester I bukanlah permulaan yang baik untukku. Betapa tidak, baru masuk IPku dibawah 3 (padahal aku menyukai angka 3, tapi tak ada 1pun angka 3 pada IPku). Hal ini tentu saja membuatku sedih. Tapi kesedihan itu bukan untuk dirasakan berendapan-endapan (justru bagusnya kesedihan itu dibuat larut). Tapi aku jadikan hal ini sebagai pemicu untuk lebih baik ke depannya. Masih ada kesempatan. Lagipula harusnya aku tetap bisa bersyukur, karena masih ada yg lebih buruk dariku ternyata. Sebuah pesan dari seorang kawan, intinya "Jangan pernah takabbur, apapun yg kita peroleh adalah pemberian dari ALLAH, bukan semata2 karena usaha kita."
Aku buat target untuk semester II. Yang pasti harus lebih baik. Tapi seperti apa parameter lebih baik itu? Hmm,, Jam belajar nambah, tapi sesuaikan dengan waktu main juga, jgn sampai waktu main lebih banyak. Yaa kalo kata Pak Indra (dosen kimia, red) saat membahas soal, "Kita hanya bermain2 dengan bla bla bla.." Mungkin aq bisa memasukkan wa…