Tugas Pertama MSI IV

1. bagaimanakah konsep iman menurut anda (apakah sebuah doktrin atau yang bisa digugat dengan logika)

Jawab:
Rasa berTuhan itu adalah fitrah. Seorang manusia normal akan merasa bahwa dirinya memiliki Tuhan. Keyakinan ini timbul dari hati. Iman itu bukan merupakan doktrin. Seseorang dapat menggunakan akalnya untuk semakin menguatkan imannya. Seseorang dapat menggunakan akalnya untuk menentukan apakah yg ia yakini adalah benar/salah. Namun begitu akal manusia pun ada batasnya. Ada hal-hal tertentu yang tidak dapat ditalar dengan akal. Hal ini menunjukkan bahwa manusia memiliki keterbatasan dan ada yg Maha Mengetahui segalanya, yaitu Allah Subhanahu wa ta'ala..

2. untuk apa manusia diciptakan?

Jawab:
Manusia diciptakan untuk beribadah semata-mata hanya kepada ALLAH SWT dan menjadi khalifah di Bumi. Manusia diamanahi menjadi penguasa Bumi, tentu saja dengan cara merawat Bumi ini, menjaga kelestariannya dan tidak membuat kerusakan di Bumi. Manusia yg membuat kerusakan di Bumi berarti dia telah melanggar perintah ALLAH dan semua perbuatannya itu harus dipertanggungjawabkan. Sedangkan manusia yang merawat Bumi akan mendapat balasan yang lebih atas kebaikannya karena telah menjalankan perintah ALLAH SWT.

3. bila semua kejadian sudah dituliskan di lauhulmahfudz, untuk apa manusia berusaha?

Jawab:
Manusia diwajibkan untuk berusaha/ikhtiar. Ada sebuah cerita tentang seseorang yang meninggalkan untanya tapi tdk diikat. Maka Rasul berkata: Mengapa engkau tidak mengikat untamu? Pemilik unta itu berkata: Karena aq tlah menitipkannya pada ALLAH dan DIA akan menjaganya. Lalu Rasul berkata: Tapi bukankah kamu diwajibkan untuk berusaha terlebih dahulu? Kurang lebih spt itu ceritanya. Maaf sy belum menemukan riwayatnya.
Dengan begitu kita sebagai manusia diwajibkan untuk berusaha karena usaha kita itu menunjukkan bentuk ketaatan kita terhadap perintah ALLAH. Karena ALLAH tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak mengubahnya.

4. apa yang akan anda jawab ketika seorang atheis bertanya tentang ketuhanan?

Jawab:
Tuhan adalah esa. Tuhan adalah satu, yaitu ALLAH Azza wa Jalla...
Tiada Tuhan selain ALLAH SWT.
Ketuhanan merupakan keyakinan akan adanya Tuhan yang menguasai alam semesta ini, dan Tuhan itu hanya ada satu, ALLAH Subhanahu wa ta'ala..

Sebuah kayu takkan bisa berubah menjadi meja jikak tanpa melalui proses yang dilakukan oleh tukang kayu. Alam semesta ini takkan bisa tercipta jika tidak ada penciptanya.


Tentu saja kita semua pernah merasakan hembusan angin. Tapi dapatkah kita melihatnya?
Pernahkah kita merasa sakit? Dapatkah kita melihat seperti apa itu sakit?
Semua itu merupakan hal-hal yang membuktikan bahwa ada sesuatu yang tidak dapat kita lihat tapi sebenarnya ada kehadirannya. Begitu pula dg ALLAH Subhanahu wa ta'ala. Nabi Musa as. saja sampai pingsan ketika minta dilihatkan wujud ALLAH. Betapa Mahabesar ALLAH, bahkan hanya dilihatkan beberapa bentuk kebesaranNYA pun kita sudah tak berdaya apa-apa.

1 komeN: