Alergi

Alergi bisa terjadi karena makanan, cuaca, dll.
Memang biasanya dari protein laut, seperti udang, ikan. Namun bisa juga dari ayam, telur, makanan yang mengandung pengawet, pewarna. Atau bisa juga dari udara. Misalnya udara dingin terus jadi gatel2. Bisa juga dari sabun. Jadi, diperhatikan apa yang terjadi setelah kontak dari hal-hal tersebut. Misalnya setelah makan ayam kok gatel. Coba selama seminggu ga makan ayam. Setelah itu coba makan ayam lagi. Kalo ga gatel, berarti kemungkinan penyebabnya lain. 

Bisa juga karena daya tahan tubuh. Kalo daya tahan tubuhnya lagi turun, mudah bagi penyebab alergi itu untuk masuk. Obat ini hanya sebagai penghilang efek alergi, namun bukan pencegah penyebab alergi itu. Jadi, daya tahan tubuhnya harus dijaga. Misalnya waktu istirahat harus seimbang dengan aktivitas. Selain itu, makanan yang seimbang dan olahraga. Sayur dan buah itu harus karena sebagai antioksidan, penangkal penyebab alergi. Minum susunya dirutinkan. Minum susu yang mengandung banyak kalsium. Olahraga juga yang rutin.

By: Dokter yang cantik dan shalihah
dr. Catharina



Perasaan baru kali ini aku ke dokter dan diberi petuah spt ini. Sebelumnya ke dokter langsung disuruh jangan makan ikan laut gitu. Aku dengan polosnya iah iah aja. Beliau sempat bertanya suka minum susu ga?
Aku bilang suka. Rutin ga? Aku bilang ngga. Hegheg. Makanya disuruh dirutinkan. Terus beliau juga bertanya, suka olahraga ga? Aku bilang sebenarnya suka, tapi.... Dan beliau berkata, aduh jangan sebenarnya deh, yang bener2 aja. Haghag. Dasor.. Jadi disuruh dirutinkan olahraganya.
Alhamdulillah beliau tidak bertanya, suka sayur ga? ^^'

Jadi ceritanya aku ke dokter untuk konsultasi gatel2 yang mulai menjalar ke seluruh tubuh. Sebelumnya sih pada bagian tertentu saja. Dan setelah itu aku tidak menghindari makanan yang disuruh dokter sebelumnya untuk dihindari. Sekarang kan jelas nih gimana supaya aku bisa tetap hidup sehat & bisa tau alergi apa.

Back to nature. Be healthy. ^O^

0 komeN: