Postingan

Menampilkan postingan dari 2012

Waspada pada makanan bersih

Ada ilmu bagus nih dari Dosen Favoritku, Pak Rukman :DD
kurang lebih seperti ini..

"Berhati-hatilah dengan makanan yang bersih sekali, tidak dikerumuni lalat. Itu perlu diwaspadai. Lalat saja tidak mau." ;DD

Iya juga sih. Kalau suatu makanan, misalnya ke pasar, ada daging, ayam, atau apa. Jualannya tuh bersiiihhhh banget. Justru itu perlu dicurigai tuh ;))

Adzan di YOMART

Sudah beberapa kali aku ke YOMART PASTEUR..
Kebeneran selalu pas magrib..
Dan saat tiba waktunya shalat, distel adzan dari speaker.. Diingatkan untuk sholat..
Ntah sudah dari dulu atau tidak, baru sadar beberapa hari lalu pas kesana lagi, setelah itu distel lagu2 islami...
Belum melakukan observasi di jam-jam yg lain sih.. :P

Kubilang ini jarang terjadi untuk tempat2 seperti itu :)Walau transaksi jual beli tidak dihentikan, menurutku itu sudah suatu kemajuan dibandingkan tempat lain yang jangankan untuk menyetel adzan, untuk mengingatkan pun tidak..Semoga bisa jadi contoh buat yang lain ;)

Lampu kedap kedip

Ada pengalaman menarik. :)
Hmm,, lucu juga sih..
Di sebuah kamar yg sedang kutempati ini, lampunya sgt terang. Nah, suatu ketika, hm, kalo ga salah sih karena dalam 1 kamar yg berisi 2 t4 tidur ini ada yang ingin tidur dengan lampu dimatikan & ada yg masih ingin melek dengan lampu dinyalakan.
So, dikurunglah lampunya dengan kresek kecil.

Suatu saat, aku mulai berpikir. 'Bukankah kreseknya bisa terbakar?'
Dan daaannn....
Di suatu malam...
9 Muharram 1434H sekitar pk 9.30 pm
Kedip kedip. Kedip kedip.
Ya, lampu itu kedip kedip. Aku sempat ingin melihatnya, lalu memegangnya. Agak panas. Dan, kresek yang sedang mencantol sebagian di lampu meleleh -.-
Hingga akhirnyaa.. Lampunya mati.
Digantilah dengan yang lain.

Alhamdulillah, tak sampai terjadi peristiwa yang lebih menyeramkan. Masih dilindungi ALLAH Subhanahu wa ta'ala :)

Semoga bermanfaat dan bisa jadi pelajaran.
*bukanuntukdicontoh

Kesalahan aktivis

Pembuka kajian kali ini sangat menggugah nih..

Sangat perlu buat kita memperbaharui ingatan tentang kematian, yang merupakan pemutus harapan.
Menurut Ibnu At-Thailah, kesalahan-kesalahan aktivis yang seringkali dilakukan adalah sebagai berikut. (Mungkin kita sering tidak menyadarinya.)

1. Bergantung pada amal
Bagaimanapun juga, amal tidak bisa membayar nikmat yang ALLAH berikan kepada kita. Dalam sebuah hadis qudsi dikatakan bahwa dari 100% rahmat ALLAH, 1%nya diberikan di dunia. Artinya, yang 99%nya lagi akan diberikan di akhirat. So, maukah kita mengejarnya? :)

2. Putus asa kalau berdosa
Padahal ALLAH itu Maha Pengampun pada yang memohon ampun.. Mungkin kita pernah merasa berbuat salah dan ini membuat kita bisa melakukan hal yang ketiga.

3. Berniat berhenti dari aktivitas duniawi
Padahal,  kita diciptakan untuk menjadi rahmatan lil 'alamin.

4. Ingin melakukan hal-hal fantastis
Misalnya, terlalu bersemangat sehingga menjadi salah kaprah, melakukan pengeboman.

5. Tergesa-gesa ingin mencapai …

Ada yang bagus nih :D

Bismillahirrahmanirrahim
Ada ilmu bagus nih..
Mungkin sering kita alami sehari2 tapi kurang disadari :)

Fiqih Shalat "Sunnah berjalan ke masjid dengan tenang."
Dari Abu Hurairah -radhiallahu anhu- dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:
إِذَا سَمِعْتُمْ الْإِقَامَةَ فَامْشُوا إِلَى الصَّلَاةِ وَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِينَةِ وَالْوَقَارِ وَلَا تُسْرِعُوا فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا “Jika kalian mendengar iqamat dikumandangkan, maka berjalanlah menuju shalat, & hendaklah kalian berjalan dgn tenang & jangan tergesa-gesa. Apa yang kalian dapatkan dari shalat maka ikutilah, & apa yang kalian tertinggal maka sempurnakanlah.” (HR. Al-Bukhari no. 117 & Muslim no. 602)

Dari Abu Qatadah -radhiallahu anhu- dia berkata:
بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ سَمِعَ جَلَبَةَ رِجَالٍ. فَلَمَّا صَلَّى, قَالَ: مَا شَأْنُكُمْ؟ قَالُوا: اسْتَعْجَلْنَا إِلَى الصَّلَاةِ. قَالَ: فَلَا…

Kumpulan Laporan Praktikum

Ini nih kumpulan praktikum yang saya lakukan selama di Kimia ITB.
Silakan masuk ke alchemist.
Semoga bermanfaat ;)

Kehilangan

Sebenarnya ini sudah cukup lama ingin kutulis. Namun aku jadi semakin termotivasi setelah mengalami peristiwa hari ini.
Aku kira dialah sahabat yang akan menjadi sahabat terdekatku, baik di hati maupun dalam jarak yang sebenanya. Namun ntah mengapa sekarang aku galau. Kurasa perasaanku sama dengannya, merasa resah, seperti ada rasa bersalah. Ntah karena apa, karena aku pun tak tahu kenapa bisa punya perasaan seperti ini.
Pertemuan hari ini pula yang mengingatkanku bahwa dahulu kami punya kenangan yang manis. Suka main sepeda bareng, main badminton, les sekelas dan sering pulang bareng, dan lain-lain.
Aku pun tak tahu kapan tepatnya. Tiba-tiba, semuanya berubah. SMS ga suka dibalas. Sebenarnya bukan aku saja yang mengalaminya, yang lain pun juga pada ga dibalas katanya. Maka kuputuskan untuk mencoba langsung menemui di rumahnya untuk mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi. Ketika itu standar saja jawabannya, ga ada pulsa, atau yang lainnya. Dia pun meng-SMS-ku sepulang dari rumah…

Who is her? What is it?

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Aku punya seorang sahabat sejak masuk SMA dan hingga tulisan ini dibuat persahabatan kami masih erat. Dialah sahabat pertamaku di SMA yang hingga sekarang masih menjadi sahabat dekatku. Dia pula yang menjadi salah satu jalan bagiku untuk hijrah. Dia pula sahabat SMAku yang pertama kali dikenal oleh kedua orang tuaku, termasuk orang tuanya.
Jika kau tanya apapun tentang dia padaku, hmm sepertinya aku bisa menjawabnya. Aku banyak belajar darinya. Aku tak peduli dia menganggapku apa, yang pasti dia adalah one of my special friends in my life. Salah satu ciri khasnya adalah suka bilang "Semangat!!" (jadi ingat drama Full House ya -.-) yang sekarang sudah jarang banget tuh bisa kudengar darinya. Hoghog. Sudahkah kau dapat menebak siapa dia? ^^
Salah satu hal yang kuingat darinya adalah perannya dalam hijrahku. Awalnya aku mengenalnya karena kami sekelas, kemudian kami bersama lagi di sebuah ekskul yang hingga sekarang pun…

Ketulusan CINTA

Ya Rabb,, ajarkan aku ketulusan cinta,,
yg walau mengharapkan balasan tapi tetap ikhlash karenaMU


yg semakin menguatkan posisi terbaikMU di hatiku
yg semakin mendekatkanku padaMU, bukan melalaikanku

yg tetap menjaga keikhlashan amalku
yg hadirkan rasa optimis & prasangka baik
yg memberi kebahagiaan saat tak berbalas
yg tetap abadi walau penuh ketidaksempurnaan

Aku bertanya cinta

Cinta, oh, apa itu cinta... Jika kau tanya padaku apa itu cinta, aku pun tak tau harus berkata apa, karna bagiQ, tak mudah mengartikan cinta yg sebenarnya...
Tergila-gila pada seseorang, selalu teringat akan dirinya, selalu membayangkan wajahnya, selalu ingin bertemunya, walau hanya sekedar melihat dari kejauhan... Cakep, lucu, imut, pintar, itulah dia. Entah mengapa, dia bisa sampai buatQ spt ini. Padahal, akrab dengannya pun tidak. Aku hanya mengagumi sosoknya. Entahlah, aku bisa mempertahankan perasaan ini selama bertahun-tahun. Ketika itu, ketika aku tergila-gila padanya, saat itu benar-benar hanya dia di hatiQ. Walau ada yang lain, tapi dirinya tlah membuat tak ada ruang kosong di hati ini selain untuknya. Itulah aku, ketika mencintai seseorang, aq akan benar-benar mencintainya, hingga tidak mempedulikan yang lain. Tapi sekarang, dia bagaikan orang biasa di mataku. Mungkinkah dia masih cakep, lucu, imut, pintar seperti dulu? Oh mana kutau. Bahkan dimana ia sekarang aq tak tau. A…

Tak perlu kau tanya

Tak perlu kau tanya mengapa aku mencintainya. Semua orang juga tau dia shaleh. Semua orang juga tau dia pintar. Semua orang juga tau dia baik, baik sekali. Mungkin patut kau pertanyakan kalau dia ternyata juga mencintaiku. Karena aku dan dia sangat berbeda. Dia terlalu indah untukku...
28 April 2010

Inikah cinta semu?

Ya Rabb,, Jika ini hanyalah cinta semu, maka mudahkanlah aku untuk melupakannya Atau setidaknya untuk hanya menganggapnya teman biasa Agar tiada lagi rasa cemburu Agar tak perlu kuberikan perhatian lebih yang menandakan rasa sayangku padanya Satu hal yang paling kutakuti Aku takut cinta ini melebihi cintaku padaMu Rabb
Jika belum saatnya aku jatuh cinta Tangguhkan rasa ini hingga saatnya Ya Rahim...
(ntahlah lupa ini kapan ditulisnya)

Dilema cinta

Aku berdebar melihatnya, tapi ke yang lain tidak
Dia sering teringat dalam benakku, padahal itu hanya mengganggu pikiranku
Aku takut kehilangan dia, padahal dia bukan siapa-siapa
Aku bahagia mengenalnya, aku senang berada di dekatnya
Walau sering kumerasa dia terlalu indah, dan aku merasa tak pantas untuknya

Inikah yang dinamakan "dilema cinta"? Dimana aku merasakan rasa yang tak biasa. Tapi rasa ini datang bukan pada saatnya. Terlalu cepat! Ya, terlalu cepat... Semua 'kan ada waktunya... Ya, 'kan ada waktunya
Lalu, apa yang harus kulakukan? Bersyukur... Ya, bersyukur... Bersyukur karena Dia masih menjadikanku bisa merasakan yang namanya cinta. Tinggal bagaimana aku bisa me-manage rasa itu

Kan kujaga hati ini
Untuk siapa?
Untuk sosok yang aku pun tak tahu siapa...

31 Maret 2010

Cerminan pemuda

Wahai pemuda Tahukah kau bahwa betapa banyak amanah yang kau pikul. Sudahkah menyadari semuanya?

Wahai pemuda! Berapa umurmu sekarang? Siapa yg merawatmu sejak kecil? Berapa byk keringat keletihan yg mereka keluarkan demi engkau? Berapa byk materi yg mereka habiskan untuk kehidupanmu? Berapa byk waktu yg mereka korbankan untuk kebahagiaanmu? Berapa kali ucapan/perilaku kasarmu ditanggapi dg senyum & sabar dari mereka?
Lalu, apa balasanmu? Adakah terbersit dalam pikiranmu untuk membahagiakan mereka? Untuk sedikit membalas budi mereka? Tapi dg cara apa? Apakah IPK yg bagus bisa mengukir senyum di bibir mereka? Aapakah waktu kelulusanmu yg singkat dapat menoreh kebanggaan di hati mereka? Jika ya, maukah kau usahakan itu?
Wahai pemuda! Engkau sudah dewasa. Sudah saatnya kau bisa mandiri. Setidaknya untuk mengurangi beban orang tuamu. Masihkah kau dmanja? Hal-hal yg bisa kau kerjakan sendiri, kerjakanlah sendiri. Tenaga orang tuamu sudah tidak sekuat dahulu. Adakah pekerjaan rumah yg …

Fa aina tadzhabun?

Sepertinya pikirannya sudah jenuh. Tugasnya belum juga selesai, Tapi waktu sudah menunjukkan pukul 2 dini hari. Ia juga butuh istirahat.
Tak lama kemudian, sesosok lelaki menghampirinya. "Belum selesai juga tugasnya?" seru sosok tampan itu.
Sang wanita hanya bisa menggelengkan kepala. Dia seperti sudah terlalu penat. Sesaat sosok lelaki itu tersenyum simpul. Duh, betapa manisnya. Sang wanita sedikit merasa bebannya berkurang. Ya, sosok lelaki itu adalah suaminya. Senyumnya membuat wanita ini kembali optimis, kembali semangat.
Ya, inilah jalan yang ia pilih. Ia memilih untuk menikah setelah menyelesaikan sarjananya. Dan ia memilih untuk melanjutkan program doktornya. Pasti bukan jalan yg mudah. Tapi ia sudah mempersiapkan ini semua. Inilah jalan yg ia pilih & sudah dia perkirakan risikonya.
Tapi dia bersyukur memiliki suami yg perhatian. Suaminya tdk banyak menuntut, bahkan sering membantunya menyelesaikan tugas"nya.

"Berhenti dulu, ya. Kita QL dulu, yuk!"

Makin pintar, makin berbahaya

Udah hampir basi dipeyeum di draft -.-
Baru skg dipost. Rencananya emang didraft dulu, dibaca lagi nanti untuk melihat apakah ada yg perlu disunting atau ga. Ternyata setelah dipost jg ga ada suntingan yang berarti, paling hanya perubahan huruf yang salah. Hoghog

"Makin pintar, makin berbahaya." Sebuah kutipan kata2 yang muncul ketika jam kuliah kimia, oleh seorang bapak bernama Pak Indra. Ya, beliau adalah dosen kimiaku. Salah satu kesenangaku pada Beliau adalah Beliau sering memberikan ilmu di luar ilmu kimia yang sangat berarti buatku n.n

Sebuah kalimat sederhana, tapi memiliki makna mendalam. Kata Pak Indra, intinya, ketika qmu menuntut ilmu & menjadi pintar, tinggal menjadi pilihan, mau digunakan u/ apa ilmu yg telah qmu peroleh. Ketika itu, kami sedang berdiskusi tentang bom. Seseorang yg telah berilmu, tau cara merakit bom, akan menjadi berbahaya ketika ia menggunakan ilmunya untuk kejahatan. Membuat bom yg digunakan u/ membunuh banyak org tanpa alasan yg jelas.
P…

Tafsir Al-Mishbah QS. Yunus: 75-97

18 Agustus 2012
@Metro TV
oleh Ust Quraish Shihab

Bismillahirrahmanirrahim

Tak banyak yang dishare, tak lama pula diriku menonton acara ini. Kau tau kenapa? Karena diriku ketiduran -.- (haghaghag) Tapi ilmu ALLAH itu begitu luas. Walau hanya sebentar, tapi tetap ada ilmu yang kuperoleh. Subhanallah :)
Saya pun tak hafal ilmu yang sy peroleh ini masing2 didasari pada ayat yang mana. So, sangat dianjurkan bagi pembaca untuk melihat dulu isi Surat Yunus :75-97 ya :D

Jangan berusaha tanpa berserah diri. Dan jangan berserah diri sebelum berusaha.
Ya, berusaha tanpa berserah diri artinya kita sombong. Ga inget kalo yang menentukan hasil ikhtiar kita adalah ALLAH SWT. Bahkan bisa berarti lupa juga kalo yang menggerakkan tubuh kita untuk berikhtiar a/ ALLAH SWT. Maka, setelah ikhtiar, langsung ingat u/ berserah diri ya ;)

Berserah diri tanpa usaha pun takkan menghasilkan apa2. Ingat kan? ALLAH berfirman,
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengu…

Sadaqah

Ceramah qabla tarawih @Masjid KotBar Parahyangan Malem 24 Ramadlan 1433H
Bismillahirrahmanirrahim
Sering kan kita baca ayat ALLAH yang mengikuti zakat setelah shalat (shalati wazzakati)? Ini menunjukkan kalo zakat menyempurnakan shalat kita. Makanya, jika mampu kita harus selalu ingat untuk menunaikan rukun islam ke-3 ini ya :)
Ada 3 yang akan kembali:
1. Ruh kepada ALLAH
Ya, ruh kita kelak akan kembali kepada ALLAH. Percaya kan?
2. Jasad kepada tanah
Jika orang atheis ga percaya pada point 1, seharusnya semua orang pun percaya jika jasadnya akan kembali ke tanah.
3. Diri sendiri
Hmm.. Ya kembali ke diri sendiri. Sejujurnya saya pun kurang mengerti ketika dijelaskan yang point 3 ini -_- (maaf)

Sedekah itu....
1. Menaikkan derajat
Bukankah tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah? Mungkin ini bisa menjadi analogi kalo bersedekah itu menaikkan derajat kita. So, mau naik derajat? Ayo sedekah :D
2. Menghilangkan sifat bakhil
Tebak2an yuk! :D Disebut apa orang mampu yg gamau sedekah? Yup,…

Reka Ulang Peristiwa

Sahabatku, tahukah kamu seperti apa perjuangan para pemuda di masa lalu?
Tahukah kamu seperti apa rangkaian peristiwa 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya? Sebelumnya, bendera Belanda dikibarkan di atas hotel Yamato. Rakyat Indonesia tidak terima dan merobek bendera itu. Pada saat itu rakyat Indonesia keukeuh mempertahankan kemerdekaan Indonesia hingga terjadilah perang melawan sekutu!
Atau Peristiwa Sarikat Islam? Pada tahun 1925 banyak pedagang di Indonesia, yaitu pedagang Tionghoa, Arab, Pribumi. Samanhudi mengajak teman2nya mendirikan organisasi bernama Serikat Dagang Islam. Umar Said Cokroaminoto mendirikan cabang SDI di kota lain. SDI berkembang pesat di bidang politik, agama, budaya. Lalu nama SDI berubah menjadi Serikat Islam dan resmi menjadi partai. SI mengadakan kongres tahunan. Kongres 1 & 2 menghasilkan tujuan SI. Kongres 3 dilaksanakn pada masa SI melakukan perubahan. Figur inspiratif, H.Umar Said Cokroaminoto membuat anggota SI lain ikut bergerak. Dua pemuda t…

Realitas bangsa & dunia dalam bidang eko, sos, pol

Oleh: Ramadhani Pratama TI'07
What happening NOW?? Ki Ruwono Aswad bilang dalam bahasa Jawa, yang artinya: 1. Perempuan hilang kehormatannya 2. Laki-laki hilang ksatrianya 3. Petani hilang masa jayanya 4. Sungai kehilangan cekung (kehidupan disana) 5. Perdebatan mengalahkan kebenaran 6. Tuntunan jadi tontonan, tontonan jadi tuntunan 7. Koran jadi Qur'an, Qur'an jadi koran
Maksudmu?? Contoh no.5 Dalam pasal 33 ayat (2) dan (3) (2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
(3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Namun, apa kenyataannya?? Banyak kekayaan alam di tanah air kita ini yang dikuasai oleh negara asing. Tau ga? Royalty yang diterima Indonesia dari perusahaan asing (ex. freeport) hanya 1-2%. Padahal Antam aja 3-4% (lebih banyak).
Negara kita belum menguasai tanah air kita sendiri. Papua dan Papua Bara…

Aktivis

Apa itu AKTIVIS??

Aktivis adalah orang yang memiliki suatu keyakinan akan hal yang ia anggap benar dan menggerakkan orang2 untuk mengikuti hal tersebut.

Mengapa harus jadi aktivis??
Tri Darma Perguruan Tinggi:
1. Pendidikan
2. Penelitian
3. Pengabdian Masyarakat -> terapan pendidikan dan penelitian
Tri darma perguruan tinggi ini secara tidak langsung menjadikan mahasiswa sebagai aktivis atau merupakan konsekuensi logis seorang mahasiswa.

AKTIVIS ITU... peduli
berani
memiliki pemikiran yang benar & idealisme yang kuat

SO?
Aktivis itu punya suatu prinsip, lalu ia mengajak orang lain, dan orang lain setuju dengannya..

Adakah masalah dikampus/negeri kita??
Sudahkah kita menemukan solusinya?
Apakah solusinya adalah melakukan perubahan?
Jika ya, lalu siapa yang akan memimpin perubahan tersebut?
Semua mahasiswa?? Jika ya, apakah semua mahasiswa sadar akan masalah yang ada dan perubahan yang harus dilakukan??
Saya rasa tidak.
Jadi, harus ada pioneer yang bisa menyadarkan sahabat2 kita …

Pangalengan, 7 Jan 2012

Dari kelupaan lalap aku belajar untuk lebih sering mengingat & lebih teliti, selalu melakukan pengecekan ulang.
Dari 'ngepas' dalam satu mobil aku belajar kebersamaan. Dari pembagian tugas bawa makanan aku belajar untuk berbagi, setiap orang memfokuskan diri pada tugas tertentu namun tidak dipaksakan. Dari makan bersama aku belajar kebersamaan dan berbagi. Dari miss comunication aku belajar agar selalu memberi info yang sangat jelas dan tidak ambigu. Dari hujan yang cukup lama terjadi aku belajar untuk selalu bersyukur. 'Tanpa hujan dari ALLAH sepertinya mencuci peralatan makannya akan lebih sulit.' (Lathifa N. R.) Dari tidak menyeberangi danau aku belajar kekompakan, satu rasa dengan semuanya. Lagian hujan guys. Dari perbedaan gender & bahkan dalam gender yang sama terdapat bermacam karakteristik berbeda lagi, aku belajar untuk bisa mengerti orang lain. Dari tukar kado yang harganya tidak dibatasi aku belajar untuk ikhlash (seperti nama kita, Al-Ikhlash ;)). Ikhlash m…