Reka Ulang Peristiwa

Sahabatku, tahukah kamu seperti apa perjuangan para pemuda di masa lalu?
Tahukah kamu seperti apa rangkaian peristiwa 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya?
Sebelumnya, bendera Belanda dikibarkan di atas hotel Yamato. Rakyat Indonesia tidak terima dan merobek bendera itu. Pada saat itu rakyat Indonesia keukeuh mempertahankan kemerdekaan Indonesia hingga terjadilah perang melawan sekutu!

Atau Peristiwa Sarikat Islam?
Pada tahun 1925 banyak pedagang di Indonesia, yaitu pedagang Tionghoa, Arab, Pribumi.
Samanhudi mengajak teman2nya mendirikan organisasi bernama Serikat Dagang Islam. Umar Said Cokroaminoto mendirikan cabang SDI di kota lain. SDI berkembang pesat di bidang politik, agama, budaya. Lalu nama SDI berubah menjadi Serikat Islam dan resmi menjadi partai.
SI mengadakan kongres tahunan. Kongres 1 & 2 menghasilkan tujuan SI. Kongres 3 dilaksanakn pada masa SI melakukan perubahan. Figur inspiratif, H.Umar Said Cokroaminoto membuat anggota SI lain ikut bergerak.
Dua pemuda tidak setuju SI berlandaskan agamis. Mereka menginginkan perubahan dan menyetujui paham komunis. Lalu, terpecahlah SI menjadi SI merah yang menjadi PKI dan SI putih yang menjasi PSII.

Bagaimana dengan peristiwa Sumpah Pemuda?
Saat itu Indonesia sedang tertindas dan hal ini mendorong pemuda melakukan pergerakan.
Jong Java, Batak, Betawi, Pasundan bersatu ingin memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kongres pemuda diadakan sebagai tindak lanjut. Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia pun terbentuk, diketuai oleh Sugondo.
27.10.28 dibentuk kongres pemuda II dihadiri oleh Poernomo, Muh. Yamin, Ramlan, Sugondo, Sunaryo. Sugondo berharap pemuda dapat memperkuat kebangsaan. Menurut Muh. Yamin ada 4 faktornya, yaitu sejarah, bangsa, hukum adat, dan pendidikan.
28.10.28 lagu Indonesia Raya ciptaan WR. Supratman dimainkan pertama kali dan Sumpah Pemuda dideklarasikan.

Lalu, seperti apa kisah tercapainya kemerdekaan Indonesia??
Diawali dengan terjadinya pengeboman Hiroshima & Nagasaki pada 14.08.45, Jepang menyerah pada sekutu keesokan harinya.
Kabar kekalahan Jepang diketahui oleh pemuda lalu pemuda mendesak Bung Karno untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun hal ini ditolak karena dinilai tergesa-gesa. Lalu pemuda berencana menculik Bung Karno ke Rengasdengklok untuk diamankan dari pengaruh Jepang. Bung Hatta pun diculik.
Akhirnya, pada 16.08.45 dilakukan perumusan Teks Proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Berita proklamasi pun disebarluaskan ke seluruh pelosok negeri. Pada 17.08.45 Bung Karno membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jl. Pegangsaan Timur 56.

Masih sangat banyak cerita mengenai perjuangan para pemuda di masa lalu dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Dalam pembukaan UUD'45, kita telah sampai di gerbang kemerdekaan. Baru di gerbang kemerdekaan saja sudah habis2an perjuangannya. Mungkin kita enak karena hidup di zaman sekarang sehingga tidak mengalami konflik zaman dahulu. Namun, bukan berarti kita menjadi terlena dan tidak sadar bahwa kita sedang dijajah. Jika dahulu kita dijajah dengan cara kasar, maka kita harus berhati2 dengan penjajahan secara halus. Buka mata, buka hati. Indonesia butuh perubahan ke arah yang lebih baik. Jangan hanya menjadi penonton, namun jadilah pelaku sejarah! ^O^

1 komeN: