Sadaqah

Ceramah qabla tarawih
@Masjid KotBar Parahyangan
Malem 24 Ramadlan 1433H

Bismillahirrahmanirrahim

Sering kan kita baca ayat ALLAH yang mengikuti zakat setelah shalat (shalati wazzakati)? Ini menunjukkan kalo zakat menyempurnakan shalat kita. Makanya, jika mampu kita harus selalu ingat untuk menunaikan rukun islam ke-3 ini ya :)

Ada 3 yang akan kembali:

1. Ruh kepada ALLAH

Ya, ruh kita kelak akan kembali kepada ALLAH. Percaya kan?

2. Jasad kepada tanah

Jika orang atheis ga percaya pada point 1, seharusnya semua orang pun percaya jika jasadnya akan kembali ke tanah.

3. Diri sendiri

Hmm.. Ya kembali ke diri sendiri. Sejujurnya saya pun kurang mengerti ketika dijelaskan yang point 3 ini -_- (maaf)


Sedekah itu....

1. Menaikkan derajat

Bukankah tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah? Mungkin ini bisa menjadi analogi kalo bersedekah itu menaikkan derajat kita. So, mau naik derajat? Ayo sedekah :D

2. Menghilangkan sifat bakhil

Tebak2an yuk! :D
Disebut apa orang mampu yg gamau sedekah?
Yup, pelit/kikir. Gamau kan disebut pelit/kikir? Makanya sedekah :)
Dengan bersedekah, berarti kita ga kikir, ga pelit, artinya, kita telah menghilangkan sifat bakhil dalam diri kita. Ga cuman kikir, kita juga jadi ga sombong, jadi peduli sama orang lain, hatinya jadi lembut. Waaahhhhh ternyata sedekah banyak keutamaan dan manfaatnya yaa..
n.n

3. Menyucikan harta

Emang kita tau uang yg sekarang kita pegang asalnya dari mana? Mungkin kita ga sadar nih kalo uang kita ini pernah mampir di tukang judi, dijadikan taruhan, atau mungkin pernah digunakan untuk membeli barang haram, dsb. Nah, dg bersedekah artinya kita menyucikan harta kita dari hal2 yang kotor. :)


Kalo ga sedekah...?

Terus kalo ga sedekah gmn? Nanti yah, di akhirat kelak harta kita itu akan dikalungkan di neraka. Hiiiiiiiiiiiiii.... Sereeemmmm.. Gamau kan? Sedekah itu menyuburkan harta kok, bukan malah mengurangi harta. Hal ini karena ALLAH akan memberi ganti kebaikan hambaNYA dengan yang berkalikali lipat :)

Tau kan teman, dalam harta kita terdapat hak orang lain, Karenanya kita harus mau berbagi. Kenapa ada yang kaya & miskin? Ya supaya yang kaya bisa memberi yang miskin. Kan jadi pahala juga buat yang ngasih. Yang menerima pun akan mendapat pahala ketika dia bisa mensyukurinya :)

wallahu'alam...

1 komeN: