Postingan

Menampilkan postingan dari November, 2012

Waspada pada makanan bersih

Ada ilmu bagus nih dari Dosen Favoritku, Pak Rukman :DD
kurang lebih seperti ini..

"Berhati-hatilah dengan makanan yang bersih sekali, tidak dikerumuni lalat. Itu perlu diwaspadai. Lalat saja tidak mau." ;DD

Iya juga sih. Kalau suatu makanan, misalnya ke pasar, ada daging, ayam, atau apa. Jualannya tuh bersiiihhhh banget. Justru itu perlu dicurigai tuh ;))

Adzan di YOMART

Sudah beberapa kali aku ke YOMART PASTEUR..
Kebeneran selalu pas magrib..
Dan saat tiba waktunya shalat, distel adzan dari speaker.. Diingatkan untuk sholat..
Ntah sudah dari dulu atau tidak, baru sadar beberapa hari lalu pas kesana lagi, setelah itu distel lagu2 islami...
Belum melakukan observasi di jam-jam yg lain sih.. :P

Kubilang ini jarang terjadi untuk tempat2 seperti itu :)Walau transaksi jual beli tidak dihentikan, menurutku itu sudah suatu kemajuan dibandingkan tempat lain yang jangankan untuk menyetel adzan, untuk mengingatkan pun tidak..Semoga bisa jadi contoh buat yang lain ;)

Lampu kedap kedip

Ada pengalaman menarik. :)
Hmm,, lucu juga sih..
Di sebuah kamar yg sedang kutempati ini, lampunya sgt terang. Nah, suatu ketika, hm, kalo ga salah sih karena dalam 1 kamar yg berisi 2 t4 tidur ini ada yang ingin tidur dengan lampu dimatikan & ada yg masih ingin melek dengan lampu dinyalakan.
So, dikurunglah lampunya dengan kresek kecil.

Suatu saat, aku mulai berpikir. 'Bukankah kreseknya bisa terbakar?'
Dan daaannn....
Di suatu malam...
9 Muharram 1434H sekitar pk 9.30 pm
Kedip kedip. Kedip kedip.
Ya, lampu itu kedip kedip. Aku sempat ingin melihatnya, lalu memegangnya. Agak panas. Dan, kresek yang sedang mencantol sebagian di lampu meleleh -.-
Hingga akhirnyaa.. Lampunya mati.
Digantilah dengan yang lain.

Alhamdulillah, tak sampai terjadi peristiwa yang lebih menyeramkan. Masih dilindungi ALLAH Subhanahu wa ta'ala :)

Semoga bermanfaat dan bisa jadi pelajaran.
*bukanuntukdicontoh

Kesalahan aktivis

Pembuka kajian kali ini sangat menggugah nih..

Sangat perlu buat kita memperbaharui ingatan tentang kematian, yang merupakan pemutus harapan.
Menurut Ibnu At-Thailah, kesalahan-kesalahan aktivis yang seringkali dilakukan adalah sebagai berikut. (Mungkin kita sering tidak menyadarinya.)

1. Bergantung pada amal
Bagaimanapun juga, amal tidak bisa membayar nikmat yang ALLAH berikan kepada kita. Dalam sebuah hadis qudsi dikatakan bahwa dari 100% rahmat ALLAH, 1%nya diberikan di dunia. Artinya, yang 99%nya lagi akan diberikan di akhirat. So, maukah kita mengejarnya? :)

2. Putus asa kalau berdosa
Padahal ALLAH itu Maha Pengampun pada yang memohon ampun.. Mungkin kita pernah merasa berbuat salah dan ini membuat kita bisa melakukan hal yang ketiga.

3. Berniat berhenti dari aktivitas duniawi
Padahal,  kita diciptakan untuk menjadi rahmatan lil 'alamin.

4. Ingin melakukan hal-hal fantastis
Misalnya, terlalu bersemangat sehingga menjadi salah kaprah, melakukan pengeboman.

5. Tergesa-gesa ingin mencapai …

Ada yang bagus nih :D

Bismillahirrahmanirrahim
Ada ilmu bagus nih..
Mungkin sering kita alami sehari2 tapi kurang disadari :)

Fiqih Shalat "Sunnah berjalan ke masjid dengan tenang."
Dari Abu Hurairah -radhiallahu anhu- dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:
إِذَا سَمِعْتُمْ الْإِقَامَةَ فَامْشُوا إِلَى الصَّلَاةِ وَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِينَةِ وَالْوَقَارِ وَلَا تُسْرِعُوا فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا “Jika kalian mendengar iqamat dikumandangkan, maka berjalanlah menuju shalat, & hendaklah kalian berjalan dgn tenang & jangan tergesa-gesa. Apa yang kalian dapatkan dari shalat maka ikutilah, & apa yang kalian tertinggal maka sempurnakanlah.” (HR. Al-Bukhari no. 117 & Muslim no. 602)

Dari Abu Qatadah -radhiallahu anhu- dia berkata:
بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ سَمِعَ جَلَبَةَ رِجَالٍ. فَلَمَّا صَلَّى, قَالَ: مَا شَأْنُكُمْ؟ قَالُوا: اسْتَعْجَلْنَا إِلَى الصَّلَاةِ. قَالَ: فَلَا…