Wawancara perusahaan produsen produk merek-merek terkenal di Indonesia bahkan dunia




20 Juli 2014
Dari grup jurusan, saya menemukan info lowongan kerja di bagian Fatty Acid Plant sebuah perusahaan besar yang produk-produknya sangat terkenal di Indonesia. Syaratnya harus siap ditempatkan di Sei Mangkei, Medan. Aku pun melamar loker ini melalui e-mail. Ada juga temanku lainnya yang melamar dan sekarang dia sudah berada di lokasi kerja.

21 Juli 2014
Pagi hari, sekitar pukul 7.30, dalam perjalanan ke RS untuk operasi mata Bundo, saya mendapat telepon dari perusahaan tersebut yang mengatakan bahwa saya akan diwawancara lewat telepon oleh seseorang pukul 12. Mungkin aku cukup kaget sehingga aku sama sekali tidak ada persiapan bahkan tidak tahu siapa yang akan mewawancaraiku, apakah HRD atau user. Hingga waktu wawancara pun tiba (masih berada di RS). Aku diwawancara oleh 2 orang, seorang bapak dan seorang ibu. Wawancara pun dimulai dengan berbahasa Inggris. Perkenalan diri, penjelasan Tugas Akhir, hingga akhirnya masuk pada ilmu yang benar-benar kimia, yaitu prinsip kerja alat. Lalu juga membahas lokasi kerja, yaitu pabrik yang terletak 4 jam dari Kota Medan. Saat wawancara aku benar-benar merasa hanya bisa mengandalkan ingatanku mengenai ilmu yang kuperoleh selama ini. Mana ini pengalaman pertama pula. Aku tidak terpikirkan untuk mencari info sebelumnya mengenai posisi ini di internet atau menanyakan pada Bude yang pernah bekerja di perusahaan ini. Aku sibuk memastikan siapa yang akan mewawancaraiku. Ternyata pewawancara adalah user dan aku merasa pantas saja pertanyaan-pertanyaan itu yang disampaikan. Pewawancara pun merasakan bahwa aku kurang persiapan. “Baru dihubungi kapan? Tadi pagi, ya?” Pewawancara mengatakan bahwa jika lolos akan dihubungi untuk tahap selanjutnya. Seorang temanku yang juga mendaftar ditelepon setelah aku.
Suatu hari, temanku mendapat panggilan untuk medcheck. Inilah saat yang menyatakan bahwa aku tidak lolos. Ya, mungkin memang tidak berjodoh dengan perusahaan dan lokasi kerjanya juga.:)

0 komeN: