Psikotes dan interview HRD di perusahaan farmasi (berbeda dengan yang pertama)


28 Agustus 2014
Aku mendapatkan SMS dan email Undangan Psikotes dan Interview dari sebuah perusahaan farmasi yang memproduksi suplemen dan obat-obatan penyakit tertenu. Hasil googling mengatakan bahwa dahulunya perusahaan ini termasuk grup dari perusahaan pertama yang kumaksud dalam tulisan ini. Namun, kemudian perusahaan ini memilih untuk berdiri sendiri.

31 Agustus 2014
Oleh karena tes dimulai pukul 8.00, maka dady menyarankan untuk menginap terlebih dahulu malam sebelum tes. Kami pun datang H-1 dan mencari kosan harian sekitar lokasi tes, yaitu head office di Jakarta Barat.

1 September 2014
Psikotes dimulai pukul 08.00 wib. Kami diminta mengisi biodata terlebih dahulu. Form biodata kurang lebih berisi seperti CV, ada status (jika single kapan rencana nikah), kelemahan & kelebihan, gaji diharapkan, dan pengalaman kerja+pencapaian. Dari lembar yang diberikan, dapat diketahui bahwa tes ini dikeluarkan oleh Psikologi UI. Tes yang diberikan cukup banyak, ada menggambar manusia, menggambar pohon, dan melanjutkan gambar. Jika melakukan tes seperti ini, aku jadi teringat saat psikotes USM ITB dulu. Setelah tes tertulis dengan pensil HB, tes selanjutnya menggunakan komputer. Sebelum tes menggunakan komputer dimulai, HRD memberitahu bahwa tes selanjutnya (wawancara) akan dilakukan pada pukul 13.00 wib. Soal-soal yang diberikan banyak berupa soal-soal TPA yang kita pelajari untuk persiapan SNMPTN. Ada pula soal perkiraan kuantitatif, seperti perkiraan tinggi badan dan jarak antara dua kota. Tes terakhir berupa hitung-hitungan (penjumlahan) koran (ntah aku lupa namanya). Oleh karena tesnya menggunakan komputer, tangan kita tidak capai menulis dan kemahiran kita dalam mengetik sangat bermanfaat. Hegheg. Aku mengakhiri psikotes sekitar pukul 12.00 wib dan sempat isoma terlebih dahulu.

Kami kembali ke ruangan tes sekitar pukul 13.00. Di ruangan tersebut terdapat ruangan-ruangan kecil lagi yang digunakan untuk wawancara. Kami menunggu panggilan untuk wawancara secara bergantian. Wawancara berlangsung sekitar 15 menit. Aku selesai pada pukul 14.00. Pertanyaan wawancara yang diajukan HRD seputar form biodata yang kami isi sebelum melaksanakan tes, psikotes mana yang dirasa sulit, pengetahuan mengenai perusahaan dan produknya, kesediaan penempatan kerja, pengetahuan mengenai posisi yang dilamar (meliputi keahlian yang dibutuhkan untuk posisi tersebut dan pengalaman yang berhubungan dengan keahlian tersebut), serta kelebihan dan kekurangan diri. Pada perusahaan ini saya melamar posisi Purchasing. HRD menanyakan berapa calon vendor yang menurut saya harus disurvei sebelum menentukan vendor mana yang dipilih sebagai penyuplai barang.

Tes selanjutnya (wawancara user) diberitahukan dalam waktu 1–2 minggu ke depan jika lolos dan dilaksanakan di lokasi penempatan kerja (Bogor).


0 komeN: