Wawancara di sebuah perusahaan laboratorium farmasi

3 September 2014
Aku mendapat panggilan lewat telepon dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Bioavailability and Bioequivalence (BA/BE). Ternyata perusahaan ini masih satu grup dengan sebuah perusahaan farmasi Indonesia cukup ternama. Perusahaan ini sedang mencari S1 Kimia untuk posisi Method Development. Aku mempelajari web perusahaan terlebih dahulu, mencari info pada teman yang pernah KP disana, dan mencari informasi dari teman-teman farmasi mengenai ilmu yang berhubungan dengan fokus perusahaan ini. Makasih banyak, ya buat teman-temanku tersayang. :)
 
8 September 2014
Aku bersama 3 teman lainnya datang ke kantornya di Jl. RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Pewawancara adalah Manager Analytical Method Development dan General Manager Operation.  Proses seleksi disini berbeda dengan seleksi pada umumnya. Biasanya psikotes dilakukan pertama kali. Namun disini dimulai dengan wawancara awal, psikotes, lalu wawancara akhir. Manager yang mewawancarai kami adalah lulusan Kimia ITB 2003. Pertanyaan yang diajukan standar, diantaranya mengenai isi CV, pengetahuan tentang perusahaan, perkiraan pekerjaan yang dilakukan jika bekerja disana, prinsip kerja alat, berapa jurnal yang telah dibaca, kemampuan bahasa Inggris, dan kesediaan untuk bekerja disana. Ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan pada teman-temanku namun tidak padaku, dan sebaliknya. Pewawancara sempat mengatakan bahwa beliau trauma dengan orang Bandung yang setelah bekerja sekian tahun kemudian keluar untuk kembali ke Bandung. Wawancara berlangsung sekitar 15 menit. Kami diminta untuk menunggu panggilan berikutnya jika lolos tahap ini. Gaji yang diberikan akan menyesuaikan dengan standar gaji fresh graduate perusahaan farmasi Indonesia cukup ternama yang membawahi perusahaan ini.



9 September 2014
Aku mendapat kabar bahwa 2 temanku ditelepon oleh Equilab. Ini dapat menunjukkan bahwa aku tidak lolos untuk tahap selanjutnya. :)

0 komeN: