Karimunjawa (27-30 Sept 2016)

Yeay! Alhamdulillah, impian ke Karimunjawa dari jaman kuliah akhirnya tercapai juga. Dulu itu mikirin perjalanan yang cukup ribet, belum lagi adanya kemungkinan gak bisa pergi atau pulang dikarenakan cuaca yang tidak mendukung. Bahkan rencana perjalanan kali ini saja sampai gak berani terlalu diceritakan ke orang lain karena takut gak jadi. Hihi...

Empat puluh hari kepergian Bundo jatuh pada tanggal 25 Sept 2016. Kami sekeluarga berencana untuk sekalian melakukan liburan bersama. Setelah melakukan diskusi, kami memutuskan untuk ke Karimunjawa. Segala persiapan kami lakukan dengan searching2 pengalaman orang dan cari-cari penginapan di booking.com.

Buat kamu yang berencana ke Karimunjawa, sebaiknya baca-baca dulu pengalaman orang lain, terutama jika kamu tidak ingin menggunakan jasa travel. Sharing pengalaman kami berikut ini mungkin bisa membantu kamu dalam membuat itinerary. :)
Kalau ada pertanyaan juga boleh disampaikan di comment atau cari saja kontak saya. Haghag.

Awalnya kami mencari tahu tentang jadwal kapal terlebih dahulu. Dalam hal ini saya cuti 5 hari kerja, Senin-Jumat sehingga kami harus menyesuaikan dengan jadwal kapal yang tepat. Sebenarnya kami prefer berangkat dan pulang dari Kendal karena lebih dekat. Namun karena kami bawa mobil sehingga harus start dan finish di pelabuhan yang sama, maka kami memilih Jepara karena jadwal kapalnya lebih banyak dan lebih memungkinkan. Jalur Kendal sendiri lebih sepi dari Jepara. Tapi karena kami datang saat weekdays, jadi di Jepara juga tidak terasa ramai.

Okay, saya akan mulai sharing pengalaman kami sekeluarga (berempat) ke Karimunjawa. Start point saya dari Jakarta, yang lain dari Bandung. Kami bertemu di Pemalang untuk 40 harian Bundo dulu. Kemudian, kami menggunakan mobil sebagai transportasi ke Jepara.

Samudra Hotel, Jepara
Kami sudah booking penginapan di Samudra Hotel yang letaknya di dalam kawasan wisata Pantai Kartini, bersebelahan dengan Pelabuhan Kartini.

Review Hotel Samudra
Plus:
+ Lokasi sangat dekat dengan pelabuhan, jadi keesokan harinya bisa gak terlalu diburu-buru.
+ Kamar tidur dan kamar mandinya cukup besar.
+ Harga murah.
+ Ada parkir mobil, cukup untuk 3 mobil.
+ Staffnya cukup ramah walau setiap mau sesuatu harus dicari dulu karena mereka gak spontan menghampiri ketika kita mendatangi meja resepsionis. Saya cukup senang karena staffnya mau menawarkan pindah kamar.

Minus:
- AC kurang dingin. Setiap kali ingin menginap di hotel biasa dan ingin kamar ber-AC, sebaiknya dipastikan dulu apakah ACnya menyenangkan. Awalnya kami dapat kamar yang ACnya sangat panas, bahkan angin pun kecil sekali. Akhirnya, saya sempatkan untuk komplain dan kebenaran ada 1 kamar serupa yang kosong. Di kamar yang satunya, ACnya lebih baik sehingga kami gak kepanasan. Sayang aja gitu kan kalau sudah pakai kamar AC tapi gak adem. :D

Terdapat penginapan lain di dekat Hotel Samudra tapi kami tidak sempat untuk menanyakan lebih lanjut. Awalnya memilih Hotel Samudra ini karena murah dan ada kamar besar untuk berempatnya.

Malam sebelumnya menyeberang, kami sudah melakukan survei lokasi Pelabuhan Kartini. Pihak Hotel Samudra sempat menyatakan bahwa penitipan mobil di Pelabuhan 70.000/2 hari. Kalau di Hotel Samudra hanya 70.000 sampai kembali. Ternyata, setelah di pelabuhan aslinya hanya Rp 50.000 sampai kembali.

Hari Selasa, jadwal kapal ferry berangkat jam 7 pagi dan kapal cepat berangkat jam 9 pagi. Lama perjalanan kapal ferry sekitar 4 jam, sedangkan kapal cepat sekitar 2 jam. Kami naik kapal Express Bahari berangkat sekitar pukul 9.15 tiba sekitar pukul 11.15. Jadwal penyeberangan dengan kapal bisa digoogling. Pastikan merencanakan jadwal berangkat dan pulang dari Karimunjawa. Kami sendiri sudah merencanakan untuk menyeberang ke Karimunjawa Hari Selasa dan balik dari Karimunjawa pada Hari Jumat. Bagi kamu yang mabuk laut, sebaiknya mempersiapkan antimabuk. Untuk airport sendiri lokasinya cukup jauh dari pusat kota, sekitar sejaman.

Cocohuts Inn
Panorama dari Resto Cocohuts Inn
Setiba di Pelabuhan Karimunjawa (letaknya di timur), sudah ada beberapa penjemput dengan papan nama penginapan masing-masing. Kami menghampiri mas-mas yang memegang papan Cocohuts. Namanya Mas Ridho. Dari Pelabuhan ini, jika kita melihat ke arah bukit, Cocohuts akan terlihat berupa bangunan kayu yang terletak di atas. Ternyata, posisinya memang cukup tinggi. Dari parkiran masih harus naik lagi melewati jalan berbatu ke resto/kamar yang di atas. Kami menempati kamar bungalow dengan extra 1 bed. Kamar itu aslinya cuman untuk berdua. Tapi, isinya ada 2 lantai. Lantai 1 ruang tamu dengan sofa cukup lebar bisa buat tidur, ada TV, VCD player, juga kipas angin. Lantai 2 adalah kasur untuk tidur beserta AC. Ada balkon di lantai 1 dan 2 untuk melihat pemandangan di luar. Cocohuts ini tidak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh orang tua. Mungkin kalau menginapnya di kamar yang ada dekat parkiran masih ok. Tapi kalau yang lokasinya di atas kasihan sih kalau orang tua. Hegheg.

Pada dasarnya setiap penginapan punya referensi paket tur laut. Kamu bisa tanya-tanya dan bandingkan harganya. Saat weekdays, seharusnya kamu bisa nego-nego karena pengunjung sepi. Mas Ridho sempat menawarkan paket tour laut private. Sebelumnya kami sudah melakukan komunikasi dengan travel lain, yaitu Pak Anto (pemilik penginapan Wisma Salami). Menurutku, penawaran dari Pak Anto ini yang paling rendah.

Review Cocohuts Inn
Plus:
+ Pemandangan sangat indah dari atas bukit yang tinggi. Hamparan laut membentang dari timur ke barat. Fresh banget rasanya.
+ Bungalownya cocok banget buat keluarga karena ada 2 lantai dan tidak sempit.

Minus:
- Lokasi berada cukup tinggi, tidak disarankan untuk orang tua yang tidak bisa mendaki. Kalau menginap di kamar dekat lobby masih oke. Tapi kalau mau cari wifi baru bisa terjangkau di resto yang letaknya di atas.

Sesuai rencana, kami menyewa motor untuk tur darat. Mas Ridho bertugas di Cocohuts hanya sampai jam 11 sehingga dia ikut tur darat menjadi guide dan tukang foto kami. :D
Kamu bisa lihat di google peta Karimunjawa. Tanpa tour guide pun kamu bisa keliling-keliling sendiri.

Bukit Joko Tuwo
Salah satu spot foto Bukit Joko Tuwo
Namanya juga bukit, jadi letaknya di atas. Hegheg. Perjalanan menuju bukit cukup menanjak. Saat itu ada lalu lalang mobil berat yang sedang melakukan pekerjaan sehingga kami parkir di tempat yang lebih rendah, tapi untuk menuju lokasi perlu menaiki tangga-tangga terlebih dahulu. Di Bukit Joko Tuwo ini ada banyak spot-spot buat foto, seperti foto dengan bangkai ikan hiu, naik ayunan kapal, ayunan biasa dengan pohon tak berdaun, tasbih raksasa, sarang burung, bingkai love, dan foto di balkon. Ohya, di bukit ini banyak jambu mete. Kalau Dady dan kakak2ku sih doyan. Aku kurang sreg karena sepet. Highig.

Bukit Love
Salah satu spot foto Bukit Love
Jalan menuju bukit ini juga cukup menanjak. Bahkan ke bukitnya kami ber5 dengan 2 motor :D
Ada spot foto dengan bendera, ikan kakatua, sarang burung, tulisan Karimunjawa dari batu, dan tulisan Bukit Love. Masuk sini dapat air mineral. Hehe..

Pantai Tanjung Gelam
Spot foto andalan Pantai Tanjung Gelam
Pantai ini biasa menjadi salah satu destinasi tur laut. Namun, kali ini kami menuju kesana dengan motor, datang dari arah timur kita belok kiri. Ada bayarnya tapi saya gak tahu berapa, dapat air minum lagi. ^^
Di pantai ini yang terkenal adalah pohon kelapa melengkung. Kita juga bisa memanjat pohon ini, sudah ada pijakan-pijakan buat manjatnya. Namun agak licin sehingga agak sulit juga manjatnya. Hehe..

Alun-alun Karimunjawa
Menu favoritku, mi ayam baso ikan

Jangan bayangkan alun-alun yang besar seperti biasa kita lihat di ibukota :D
Alun-alun Karimun jawa hanya 1 lapangan sepak bola kecil dengan penjual makanan yang memenuhi hanya setengah keliling alun-alun. Pilihan makanan pun tidak terlalu banyak. Pada hari ini kami kesampaian untuk mencoba mi ayam baso ikan yang tidak kami temukan lagi selanjutnya. Huhu.. Jadi, kalau kamu ketemu sama penjual mi ayam baso ikan ini, saya sarankan untuk mencobanya. Enak, loh. Mi ayamnya juga mi ayam beneran. Haghag (mi bo'ongan kayak apa coba). Mie-nya sesuai dengan mi ayam yang pertama kukenal dalam hidup gitu, lo. Gak kayak mie ayam yang belakangan ditemui, mie-nya beda.

Wisma Apung
View subuh hari di Wisma Apung
Kami menginap di Wisma Apung Ibu Nurul. Pada saat kami kesini, bapaknya Ibu Nurul sedang ada di wisma. Katanya beliau mau memperbaiki ada yang rusak. Bapak ini jg mengisi waktunya dengan memancing. Ikan yang diperoleh dijadikan makanan hiu dan tambahan ikan di penangkaran. Wisma apung ini terletak di laut, sehingga perlu memakai kapal untuk menuju kesana. Kami menginap disini 1 malam saja. Sebelumnya kami berencana 2 malam karena berpikir capek pindah-pindah penginapan terus.

Wisma Apung melayani sekali transportasi gratis dari/ke Wisma Apung. Di luar itu, kalau mau menyeberang dikenai biaya 10.000/orang. Kami menuju Wisma Apung dengan kapal sewaan Pak Anto. Dari pelabuhan Karjaw ke Wisma Apung menaruh barang-barang dahulu sebelum melakukan tur laut. Jadi kami masih punya jatah penyeberangan gratis saat pulangnya.

Review Wisma Apung
Plus:
+ Ada penangkaran ikan hiu, kalau kamu gak sempat ke menjangan besar, kesini juga sudah cukup dan tidak perlu bayar lagi. Kalau ke Menjangan Besar harus bayar Rp40.000 untuk berenang dengan ikan hiu.
+ Bangun tidur bisa langsung nyebur karena lokasinya enak banget di laut yang tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam, kedalaman sekitar 1 meter. Pada pagi hari airnya agak pasang jadi lebih enak untuk rendam-rendam kaki dan berenang. Tapi mungkin buat beberapa orang kurang sreg nyebur disini karena saluran pembuangan kamar mandi langsung ke laut juga.
+ Adem. Bahkan saya yang di kamar AC tapi ACnya tidak dinyalakan pun tidak kepanasan. Cuman ya sayang aja udah bayar dengan harga kamar AC. Haha..

Minus:
- Lokasi jauh dari pusat kota, harus pakai kapal/perahu. Kami sempat kesulitan mencari makan malam karena tidak memesan dari awal sehingga waktu itu ada perwakilan kami yang ke darat untuk mencari makan. Namun jika kita sudah memesan dari pagi/siang, sebenarnya pihak Wisma Apung bisa menyediakan makan malam. Segala sesuatu di Wisma Apung ini berasal dari darat juga. Contohnya saja saat kami belum mendapat handuk, maka Mas2nya harus mengambil ke darat dulu.
- Setiap ada yang jalan di dekat kita akan terasa goyangannya. Apalagi saat itu aku habis mabuk laut jadi rasanya kayak goyang-goyang terus. Haha..
Untuk tour laut, penawaran Pak Anto adalah sbb.
Saya sempat mencoba nego dan diberi penawaran Rp 970.000,-. Kupikir sudah cukup murah karena sudah turun dari kalkulasiku. Sayangnya, kita tidak menegaskan dari awal itinerarynya. Saran saya, buat kamu yang juga ingin private tour, sebaiknya dipertegas breakdown paket tournya supaya tidak merasa rugi ketika actualnya tidak sesuai rencana awal. Jika kamu datang saat weekdays, mungkin kamu bisa mencoba tour yang diprovide oleh Karimun Lumbung karena info dari Dady bahwa mereka tidak membuat kuota minimal agar bisa berangkat tur laut. Jadi walau hanya 1 orang pun tetap jalan. :D
Biasanya, tour laut itu mengunjungi 2 pulau, 2 spot snorkeling, dan 1 pantai sunset. Malam sebelumnya bertemu dengan Pak Anto, sebenarnya kami berencana ke pulau yang di timur karena katanya lebih bagus terumbu karangnya. Sayangnya, ketika kami berangkat, cuaca cukup mendung dan sempat hujan kecil. Angin bertiup dari arah timur sehingga jika mau ke timur akan lebih sulit. Maka rencana pun tetiba berubah menjadi ke barat. Kami sempat menunggu cuaca membaik di Wisma Apung. Ketika sudah cukup cerah, kami memulai perjalanan. Ada 3 tour guides. Di perjalanan, ombak mulai membesar, gerimis, lalu menjadi hujan besar. Kami tetap berada kapal bagian atas sehingga kehujanan. Alhasil, saya malah pusing dan mulai mabuk. Saya tidak mampu berlama-lama snorkeling di spot pertama ini karena mulai mual dan akhirnya muntah juga. -_- #sosad
Bahkan sampai pucat dan menggigil. Pada saat itu, saya merasa benar-benar tak berdaya. Huhu... Maka, saya pun tidak ada foto snorkeling di spot pertama ini.

Pulau Cemara Kecil
Kalau lagi surut, ada gosong/gundukan pasir di tengah air laut
Kapal tidak bisa bersandar karena tidak ada dermaga. Jadi, kapal berhenti di tengah laut lalu kita harus berjalan ke pulau.Oleh karena kondisiku sangat lemah, maka saya pun naik kano dan didorong sampai pulau. Saat itu benar-benar situasi yang sangat menyedihkan buatku, bahkan sampai dibopong sama kakakku sampai tempat peristirahatan. Saya langsung tepar di tikar dan istirahat karena sangat pusing. Ketika sudah tidur dan makan, kondisiku mulai membaik. Sedikit masih merasa oleng saja. Disini kami makan siang BBQ ikan bakar ditemani nasi, sayuran, sambal 2 jenis (selalu ada 2 jenis sambal ini di Karimunjawa), semangka, dan kerupuk. Hmm.... Yummy! Mas2nya yang bakarin ikannya sih, kita terima jadi aja. Haghag.
Sebelum tur laut, saya sudah memakai baju untuk basah-basahan di dalam baju kering. Saya sudah siapkan peralatan jikalau nanti perlu untuk ganti baju. Saya sarankan teman-teman juga mempersiapkan baju ganti. Hal ini untuk menghindari kedinginan/masuk angin saat perjalanan di kapal. Jadi saat mampir pulau bisa jemur baju yang basahnya untuk bisa dipakai lagi saat baju satunya gantian basah. Hehe..

Snorkeling
Foto snorkeling paling bagus. Lainnya kayak lagi sirkus. Haha..
Dengan kondisi yang sudah membaik, saya gak mau tur laut ini sad ending. Haghag. Di spot kedua, saya mulai snorkeling lagi dan alhamdulillah dapat foto yang oke juga walau gak bisa berenang. ^,^
Buat kamu yang masih takut/gak bisa berenang, yakinkan diri bahwa ini kesempatan langka yang bisa kamu alami. Jadi sebisa mungkin sempatkan snorkeling dan berfoto sampai dapat foto yang bagus. :D
Siapkan pose terbaik, kalau bisa snorkeling tanpa kacamata juga. Saya pun ada foto tanpa kacamata, tapi karena kerudungnya kurang bagus disitu jadi gak diposting. Hegheg.

Jujur saja, saya sendiri saat snorkeling tidak begitu kelihatan pemandangan bawah lautnya. Ntah karena rabun jg kali. Hag. Jadi baru merasa amazingnya malah setelah melihat hasil fotonya. Haghaghag.

Pulau Menjangan Kecil
Ayunan di air
Pulau ini adalah tempat terakhir tur kami. Disini ada resort dan ayunan yang dibuat di tengah laut. Kami menikmati sunset disini. Setelah itu, kami kembali ke Wisma Apung dan terjadi tragedi kebingungan soal makan malam yang tidak disiapkan sebelumnya. Haghag.

Karimun Lumbung
Kamar berbentuk lumbung yang unik
Disini ada 5 kamar lumbung, semuanya fasilitas AC. Satu lumbung dipakai sendiri jadi hanya ada 4 lumbung available. Kalau lihat di booking.com, biasanya sudah penuh. Tapi ketika kami datang langsung, ternyata masih ada kosong. Jadi, buat kamu yang mau mencoba menginap di tempat lain, bisa coba saja datangi langsung. Lagian kalau di booking.com biasanya tertulis tidak bisa extra bed. Padahal kenyataannya, apalagi saat weekdays, extra bed masih diperbolehkan dan biasanya masih banyak kamar kosong. Saran saya, jika kamu juga mau tur darat dulu saat baru datang, sekalian kelilingin Karimunjawa lihat-lihat penginapan yang ada disana. Siapa tahu tertarik untuk menginap di tempat lain esoknya, bisa langsung tanya-tanya. Kalau malam pertama saran saya sudah booking 1 tempat saja jadi bisa dijemput juga di pelabuhannya karena biasanya setiap hotel/penginapan menyediakan antar-jemput.

Review Karimun Lumbung
+ Desainnya unik, cocok buat foto-foto.
+ Dekat dengan pusat kota.
+ Boleh minta minum (teh, jahe, kopi, etc.) sesuka hati. Tapi gak boleh bikin/ambil sendiri jadi ya kitanya gak enak juga kalau mau minta sering2. Haghag. Namun pas pagi hari gak ada petugas, kami akhirnya ambil sendiri juga sih.
+ Menyediakan tur laut tanpa kuota minimal. Biaya tur laut Rp 170.000/orang.

- Ada nyamuk. Di dalam kamar sudah disediakan semprotan nyamuk juga.
Itinerary kami awalnya mau tur laut 2 hari. Namun, karena semuanya sudah merasa cukup dengan 1 hari tur kemarin dan biaya cukup mahal juga kalau mau 2 hari (kami terlambat tahu Karimun Lumbung menyediakan tur tanpa kuot), maka kami memutuskan untuk sewa motor lagi. Sewa motornya dihitung 24 jam. Kami sewa dari jam 1 siang. Jadi esok harinya masih bisa dipakai. Biaya sewanya sama dengan waktu di Cocohuts. Mungkin kalau dinego juga bisa kali. Tapi, motornya bagusan yang Cocohuts. Highig. Motor Cocohuts masih baru. Sedangkan motor yang kami sewa kedua ini lebih tua dan tidak kuat jalan rusak, esokannya kempes makanya kami gak jadi jalan2 bareng besoknya. ^^''
Dari Karimun Lumbung kita dikasih peta, tapi tur darat yang ingin kami jalani sudah tidak terbaca di peta tersebut karena sudah agak jauh dari pusat kota. Ada 2 pilihan, yaitu arah timur ke pantai sunrise atau ke barat dengan banyak destinasi, hutan mangrove, pantai2, hingga airport. Kami memilih untuk tracking Mangrove dan ke Pantai Annora. Silakan googling atau instagraman dulu sebelum memilih destinasi.

Tracking Mangrove
Ada menara di Hutan Mangrove yang bisa dinaikin
Pilihan wisata darat selain yang telah disebutkan di atas adalah tracking hutan mangrove dan beberapa pantai. Kami memilih untuk ke Hutan Mangrove terlebih dahulu. Perjalanan ke arah barat sekitar setengah jam. Awalnya jalanan mulus, makin ke barat jalanan mulai rusak dan sangat tidak nyaman melewatinya. Oleh karenanya, kalau mau ke lokasi melewati jalan rusak ini, disarankan memakai kendaraan yang masih oke.

Panjang track Mangrove ini sekitar 1.3 km. Cocok buat olahraga pagi/sore. Tapi, nyamuknya juga lumayan banyak. Sebaiknya sudah prepare lotion anti nyamuk. Hihi.. Di tengah perjalanan kita akan menemukan menara cukup tinggi untuk melihat pemandangan dari atas. Pemandangan dari atas telihat cukup indah. Pepohonan mangrove yang bertebaran dan hamparan lautan. Disini bisa dijadikan untuk melihat sunset.

Pantai Annora/Hanora
View dari Bukit Anora, indah bangeeetttss
Hari sudah sore ketika kami menuju pantai ini. Ternyata, dari jalan utama masuknya masih cukup jauh dan jalannya agak menyeramkan karena ada yang belum beraspal. Ketika kami tiba disana, suasana pantai sangat sepi. Di pantai ini ada ayunan di atas air dan taman batu kecil.

Ada seorang bapak yang menyarankan kami untuk naik ke bukit. Ternyata, pemandangan dari bukit ini tidak mengecewakan. Lautan jernih berwarna degradasi hijau-biru yang sangat cantik. Aaahh.. Belum pernah melihat yang seindah ini. Masya Allah..

Ohya, ada wisata darat yang tidak kami kunjungi, yaitu Taman Kupu-Kupu. Sebenarnya kami ingin kesana esok hari sebelum kembali ke Jepara. Namun dikarenakan motor satunya kempes dan tidak ada pompa ban yang sudah buka, gak jadi deh.

Kalau Mas Okta belum pesan tiket pesawat balik ke Malay, mungkin kita extend 1 hari lagi disini. :D

Explore Karimun jawa, one of unforgettable journey in my life with my lovely family. Can not wait for our next trip. ;)

Untuk rincian pengeluaran akan ditambahkan segera, ya.