Mengurus STNK hilang

Baiklah, kali ini saya mau share pengalaman mengurus STNK hilang dimana posisi motor yg STNKnya hilang tidak berada di lokasi sesuai plat nomor.

Jadi ceritanya plat motor sy Cimahi, fisik motornya di Bogor.

Kalau ditanya hilang dimana STNKnya, saya sendiri gak tau. Seingat sy hilang di kosan, namun sudah dicari-cari gak ketemu. Akhirnya sy memutuskan utk mengurus kehilangan saja. Berikut adalah tahapan yg saya lakukan dalam mengurus STNK hilang.

1. Membuat surat kehilangan
Saya menuju Polres Dramaga utk membuat surat kehilangan. FREE dan langsung jadi.

2. Cek fisik di Polres Bogor Kota
Utk cek fisik diperlukan BPKP asli, ya. Biaya cek fisik 20K dan tip-nya terserah. Waktu itu saya kasih total 30K. Saran saya, siapin uang kecil biar gak sayang dan ribet aja gitu. Hehe.

3. Mengurus ke Polres Cimahi
Saya datang pada Hari Jumat.

Syarat yg dibutuhkan:
- KTP asli sesuai pemilik STNK
- BPKP asli
- Surat Kehilangan
- Iklan
- BAP

Nah, 2 syarat terakhir saya gak bawa. Jadi ditawarkan utk dibantu. Jadi rincian biayanya kayak gini:
Pajak  290K
Ikan    250K
BAP     200K
Admin 50K

Hasil searching2 di google itu emang biaya adminnya gak mahal, sekitar 50-100K aja. Jadi ini memang bengkaknya sama biaya 'bantuan'nya. Dan lagi waktu itu ayah saya langsung main bayar aja gak pake nego2. Mungkin kalo nego bisa dpt lebih murah. Hoho.

Setelah memberikan berkas2 fotokopian, Ibu polisinya memberikan tanda terima dan nomor HP. Beliau meminta saya datang kembali Hari Rabu mengambil STNKnya. KTP saya ditahan juga.

Sekian sharing dari saya. Semoga bermanfaat. Ke depannya lebih dijaga lg ya barang2 pentingnya. 😊

Komentar

Most viewed

Psikotes dan interview HRD di perusahaan farmasi (berbeda dengan yang pertama)

My first job

Kajian Asma'ul Husna - Al Qahhar