Ulurkan tanganmu untuk bersedekah semudah kau mengulurkan tangan untuk kesenangan pribadi

Model: Mohammad Soim

Pernahkah kita punya suatu barang yang sangat kita inginkan dan sangat kita perjuangkan pula untuk memilikinya?

Berapa uang yang kau habiskan untuk persiapan wisudamu? Iuran wisuda, iuran wisnight, foto wisuda, pakaian wisuda dan wisnight. Bersyukurlah jika kamu termasuk yang diberi kemampuan untuk memiliki/mendapatkan semua itu. Pernahkah kita bayangkan bagaimana teman-teman kita yang kesulitan?

Anak muda yang suka bertualang/jalan-jalan biasanya punya perencanaan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Tentu saja mengunjungi tempat wisata akan sangat kecil kemungkinan tidak mengeluarkan uang, apalagi jika berkunjung ke tempat yang jauh. Tekad yang kuat akan memotivasi kita untuk bisa mewujudkan rencana travelling. Semangat asisten, mengurangi jajan yang tidak perlu, memilih berjalan kaki daripada berkendara rela dilakukan untuk mengumpulkan uang.

Ramadlan bulan yang penuh berkah. Ada yang bilang ini adalah saat berhemat karena puasa. Hmm,, Sepertinya pendapat itu perlu dipikirkan lebih lanjut. Sudah ada berapa tanggal di bulan ini yang menjadi agenda buka bersama? Dimana buka bersama itu dilakukan? Berapa pengeluaranmu untuk itu?

Semua yang dicontohkan di atas mungkin rela kau lakukan demi kepuasan dan kebahagiaan pribadimu. Itu hal yang wajar. Uangmu, kamu yang bertanggung jawab. Setidaknya, ketika kita sedang berjuang mencapai keinginan kita, semoga ketika kita melihat ada kotak amal, mendengar pengumuman dibukanya ladang amal, kita masih tergerak untuk berpartisipasi. Semoga pertimbangan kita untuk bersedekah tidak lebih panjang dibandingkan untuk sekedar kesenangan pribadi.

Bersyukurlah.. 
Di saat orang lain meminta, kamu masih diberi kemampuan untuk memberi.
Ulurkan tanganmu untuk bersedekah semudah kau mengulurkan tangan untuk kesenangan pribadi.

9 Ramadlan 1435H
Tak terasa 1/3 bulan suci ini akan berlalu. Sudahkah kita beribadah dengan maksimal?


0 komeN: