My first job

Saya akan bercerita bagaimana saya bisa bekerja di tempat saya kerja pertama kali (mungkin terakhir pula) setelah menggandeng gelar sarjana, yaitu PT Dunia Kimia Jaya (DKJ), anak perusahaan PT Lautan Luas Tbk (LTL). Sebelumnya saya pernah kerja praktik (KP) saat libur S1 semester 6. Perjuangan mendapat pekerjaan di DKJ bukanlah hal mudah. Saya lulus sidang tanggal 9 Mei 2014 dan sudah mulai mencari-cari pekerjaan walaupun belum wisuda. Ada ratusan jobs - dari yang sesuai jurusan sampai tidak sesuai kualifikasi yang diminta - saya apply di jobstreet.com belum termasuk web job vacancy lainnya dan apply offline di jobfair. Kenapa saya apply sangat banyak jobs? Pertama, saya mencari job yg bisa mendukung impian saya belajar bisnis. Kedua, saya tetap tidak bisa menampik bahwa pekerjaan yang sesuai dengan background saya tentu peluang diterimanya lebih besar daripada yang tidak linier.

Saya masih berharap mendapat pekerjaan yang tidak di lab, padahal background saya adalah kimia yang sangat erat hubungannya dengan laboratorium. Okey, mungkin sebagian dari kalian belum tahu kalau kimia bukanlah passion-ku. Kalau kamu ingin tahu bagaimana aku bisa memilih kimia, ada cerita khusus tentang itu, just click this link. Dan kalian perlu tahu bahwa saat ini aku kuliah di TIP IPB dimana ternyata aku bertemu kimia lagi. That’s good. Hal itu lebih memudahkanku karena sudah punya background. Tapi jangan mengira kalau di kelas sedang membahas sesuatu yang berhubungan dengan kimia lalu aku bisa menjawabnya. I forgot. Haha.

Sebenarnya ada peluang untuk melamar di tempat KP dulu. Namun, ada keraguan sehingga saya mencoba ke tempat lain terlebih dahulu. Cukup lama waktu dari saya apply hingga dipanggil oleh HRD, mungkin sekitar 2 bulan. So, jangan beranggapan pula bahwa anak ITB mudah mencari kerja. Apalagi untuk anak galau seperti saya ini. Saya dihubungi oleh HRD LTL untuk interview atas job yg saya apply. Saat itu saya apply di jobstreet LTL untuk posisi R&D. Ketika saya datang untuk interview, ternyata interviewer adalah dari DKJ. Saat itu saya belum mengerti kalau DKJ adalah anak perusahaan LTL. Saya sampai bingung sebenarnya sedang menjalani proses rekrutmen untuk DKJ atau LTL. Hal ini wajar terjadi karena walaupun DKJ memiliki HRD tersendiri, namun proses rekrutmen tetap melalui HRD LTL dimana form pengisian biodata pun ber-kop LTL.

Tahap 1 adalah wawancara dengan General Manager dan Marketing Manager DKJ. Saya sudah agak lupa isi wawancara saat itu. Pastinya, saya sangat ingat bahwa saya benar-benar menjawab setiap pertanyaan dengan jujur dan apa adanya. Ketika ditanya mengenai passion, saya menjawab suka bisnis dan berharap bisa belajar banyak cara membangun bisnis. Ketika ditanya rencana masa depan, saya menjawab kelak ingin menjadi entrepreneur. Ini tersirat bahwa saya tidak berminat untuk menjadi wanita karir dalam jangka waktu yang panjang. Tahapan selanjutnya adalah psikotes. Pada tahap ini, saya merasa cukup mudah dalam menjawab soal-soal psikotes. Setelah psikotes, langsung dilanjutkan dengan wawancara oleh advisor DKJ, yaitu orang Jepang yang sudah lancar berbahasa Indonesia. Namun, dalam wawancara ini menggunakan bahasa Inggris dan saya diminta untuk menjawab soal kimia. Saat itu, saya merasa dung-dung banget karena tidak bisa menjawab soal mudah tersebut. Beberapa hari setelah itu, saya menerima email dari Pak MM bahwa saya diterima untuk posisi Product Specialist Water Treatment, Oilfield, and Mining Division. Posisi ini berada di bawah Divisi Marketing. 

Sumber: http://fridayposts.com/kunlere-idowu-first-job-matters/ 

Bismillah. Dengan segala pertimbangan, dimana saya merasa akan banyak belajar bisnis, saya memutuskan untuk menerima job ini. Bahkan, boss MM ini pun sangat welcome sekali. Langsung memberikan nomor HPnya dari awal dan mempersilakan saya untuk menghubunginya jika ada yang perlu didiskusikan. Sebenarnya saat itu saya bisa langsung masuk Bulan Oktober 2014. Namun, saat itu saya masih menanti pengumuman tes CPNS dan dari perusahaan lain (saya lupa apa). Oleh karena itu, saya baru mulai masuk November 2014. Status saya pada awal masuk adalah probation 3 bulan.

Tak disangka, bekerja di DKJ merupakan pengalaman yang sangat berarti dalam hidup saya. Berbagai pembelajaran yang saya peroleh di tempat kerja pertama (dan mungkin terakhir) ini akan saya bahas di artikel selanjutnya. Setiap perusahaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bekerja di DKJ sebagai perusahaan dalam negeri adalah salah satu pengalaman berkesan dalam hidup saya. Tidak selalu bahagia, penuh warna, suka duka, tapi sangat mengesankan.  


Komentar

Most viewed

Psikotes dan interview HRD di perusahaan farmasi (berbeda dengan yang pertama)

Kajian Asma'ul Husna - Al Qahhar