Seminar Hasil Magister di IPB

Semhas di IPB adalah presentasi hasil penelitian. Perlu dicatat bahwa semhas ini boleh merupakan sebagian dari hasil penelitian. Jadi, selama sudah ada hasil yang layak untuk dipresentasikan, Semhas bisa dilakukan tanpa harus menunggu selesai seluruh penelitian. Informasi Semhas dipublikasikan di web pasca IPB sehingga bisa diakses siapapun. Syarat bisa Semhas di angkatanku minimal mengikuti Semhas di bidang keilmuan diri sendiri minimal 5, dan minimal 2 untuk bidang keilmuan lainnya. Kartu Semhasnya dijaga ya jangan sampai hilang tau lecek. Kalau mau nambah kartu ya silakan. Aku sih termasuk yang minimalis. Wkwk. Biasanya, masa-masa pengisian kartu seminar ini ramai dilakukan di semester2 awal. Walaupun waktu untuk bisa melengkapi kartu ini cukup panjang, kita gak pernah tahu kesibukan apa yang akan tiba-tiba muncul di kemudian hari. Jadi, melengkapinya sejak awal di waktu-waktu kosong kita akan jauh lebih baik. Kita juga bisa mendapat inspirasi topik atau metode penelitian dari mengikuti semhas. Sedikit OOT, selain semhas, kita juga bisa menghadiri sidang promosi doktor untuk menambah wawasan dan koleksi souvenir. Jadwalnya juga bisa dilihat di web pasca, ya.
                
Back to topic, sebenarnya pembimbingku mengarahkan untuk Semhas bulan Juni dan sidang (ujian tertutup) bulan Juli. Jadi, libur lebaranku juga minimalis guys, demi mengejar timeline. Namun, apa daya, balik ke Bogor, mengumpulkan mood-nya sesuatu banget sehingga mundur-mundur mulai mengolah datanya, mundur juga jadwal Semhasnya. Hehehe. Terlalu sayang sama kasur yang menggoda setiap hari, guys. Haha. Tapi di saat kepepet itulah adrenalinku bekerja. :p Dasar deadliner! Oleh karena jadwal Semhas yang mundur, maka jadwal sidang juga harus mundur. Pembimbing mengerti kondisiku yang ingin mengejar selesai di semester 4 supaya tidak perlu menambah SPP. Aku sudah banyak menghabiskan duit orang tua buat conference di Vietnam, guys. T_T Yang ternyata paper conference tersebut tidak bisa diklaim sebagai syarat publikasi. Jangan tanya gimana perasaanku saat itu, guys. Satu kalimat ini mungkin bisa mewakili, ‘Gak mau diingat-ingat lagi’.
                
Tahapan pendaftaran Semhas:

  • Minta formulir pendaftaran Semhas + sidkom ke prodi.
Silakan hubungi prodi kembali untuk meminta formulir2 yang dibutuhkan untuk sidkom dan semhas. Saranku, sekalian saja sama formulir untuk sidkom sebelum sidang dan formulir sidang. Jadi, ketika formulir tersebut dibutuhkan, kita sudah prepare. Jika sudah dapat lampu hijau dari pembimbing, langsung sodorkan formulir yang harus ditandatangan untuk mempercepat proses administrasi.

  • Lengkapi formulir yg hrs ditanda tangan persetujuan, siapkan scan kartu kuning, makalah diparaf pembimbing.

  • Daftar online di web pasca IPB
File yang perlu diupload kalau tidak salah kartu seminar dan makalah seminar yang sudah diparaf pembimbing. 

  • Tunggu persetujuan sistem
Berkas yg telah diupload akan diverifikasi oleh petugas. Gak lama kok, cuman sekira 1 hari kerja. Tapi harus dicek manual ke webnya. 

  • Pilih jadwal Semhas di web
Jadwal Semhas menyesuaikan slot kosong yang ada. Semhas itu hanya pada Senin dan Kamis. Setiap bidang keilmuan sudah memiliki lokasi Semhas defaultnya masing-masing. Namun, kalau kepepet terutamanya, bisa juga kita mendaftar di ruangan bidang keilmuan lain kalau kosong. Aku termasuk yang mencari jadwal kosong di ruangan bidang keilmuanku. Karena jadwal yang cukup padat, aku baru dapat slot sekira 2 minggu ke depan. Jadi, ada waktu cukup banyak untuk mempersiapkannya. Sayangnya, waktu ini tidak hanya kusiapkan untuk persiapan Semhas, namun juga rapel dengan persiapan sidang yang direncanakan seminggu setelahnya. Jadi, sebelum Semhas, draft tesisku harus sudah selesai. Persiapan semhas yang sebenarnya cukup dengan maksimal 10 halaman makalah menjadi jauh lebih berat dengan adanya target penyelesaian draft tesis. Jadi, kalau kalian tidak diburu waktu, sebenarnya untuk bisa semhas hanya perlu maksimal 10 halaman makalah.

  • Bawa berkas ke loket pasca  

  • Ambil undangan Semhas dan serahkan pada ybs


  • Good luck on your day!

Sejak persiapan Semhas, kasur bukan lagi menjadi sahabat sejatiku sehari-hari. Karena aku tipe yang gak bisa fokus di kosan, maka aku harus mengerjakan di tempat lain. LSI menjadi sahabatku. Dari pagi hingga malam yang kujalani hampir setiap hari datang pagi pulang malam. Pikiranku hanya fokus pada penyelesaian tesisku. Aku jadi memahami kondisi temanku dahulu yang didekati lelaki yang mau serius saat sibuk tesis. Dia bilang kalau salah satu alasan mereka tidak bisa berlanjut adalah karena seseorang itu datang di saat yang salah. Sepertinya aku pun begitu saat itu. Diajak jalan-jalan bukan lagi menjadi hal yang menarik bagiku. Undangan pernikahan berapa banyak pula yang tak dihadiri. Analoginya kayak lagi ngebut 200 km/jam (gilak sih) yang mana menghiraukan hal-hal lain akan menganggu konsentrasi dan memperlambat kecepatanku. Jadi sensitif sudah pasti. Marah sama sedikit kesalahan atau keterlambatan orang sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Gilak sih. Kalau kelamaan seperti itunya, bisa jadi gila beneran kayaknya (kalau gak punya iman). Haha. Jika pun kalian harus dihadapi pada situasi tersebut, paling penting adalah jaga iman (supaya gak gila) dan kesehatan (supaya gak sakit). Kalian harus menemukan juga sih cara/usaha mengembalikan kesehatan tubuh yang cocok buat diri kalian. Sejak selepas puasa, aku meneruskan treatment kurma dan madu untuk menjaga kesehatan. Salah satu penemuan yang ntah ditemukannya tepatnya saat kapan, diriku ini kalau udah tanda-tanda mau sakit, obatnya adalah dicekokin You C 1000. 

  • Revisi makalah dan serahkan ke loket pasca
Setelah Semhas, kita perlu merevisi makalah sesuai masukan dari forum, terutama moderator dan pembimbing. Makalah revisi ini perlu diparaf lagi. Kebetulan waktu itu aku dapat moderator yang baik banget dan gak banyak memberikan revisi, hanya sangat sedikit typo yang bisa kuselesaikan dalam waktu 5 menit. Jika tidak ada revisi dan nilai tidak keluar-keluar, kalian bisa hubungi loket pasca karena normalnya kita harus menyerahkan makalah revisinya ke loket pasca. Setelah itu baru nilai kita akan keluar (sekitar 1-3 hari).

Nah, itu tadi sekilas tentang Semhas di IPB. Buat kamu yang sedang berjuang, semangat! ;)
Next step, sidang....


Komentar

Most viewed

Psikotes dan interview HRD di perusahaan farmasi (berbeda dengan yang pertama)

My first job

Kajian Asma'ul Husna - Al Qahhar